UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Perubahan aktivitas di sekolah pada remaja usia 12-14 tahun mengalami Dysmenorrhea

Lies Wahyuni; Reni Sulung Utami; Yeni Ana Irawati; Yustika Hakarkasih; Murtiwi, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Dysmenorrhea merupakan salah satu keluhan wanita yang mengalami haid. Keluhan ini dapat mengakibatkan gangguan aktivitas sehari-hari wanita termasuk pada remaja usia 12-14 tahun yang menghabiskan sebagian besar aktivitasnya di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif sederhana yang bertujuan untuk mengidentifikasi perubahan aktivitas di sekolah pada remaja usia 12-14 tahun saat mengalami dysmenorrhea. Sampel dikumpulkan secara purposive sampling dan terdiri dari 45 responden remaja yang pernah mengalami dysmenorrhea. Penelitian dilakukan di SLTPN 109 Jakarta Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari 5 pertanyaan data demografi, 5 pertanyaan tentang dysmenorrhea dan 29 pertanyaan tentang aktivitas di sekolah. Data dianalisa dengan metode statistik deskriptif yaitu distribusi frekuensi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden (95.6%) masih dapat melakukan aktivitas di dalam kelas dan 60.0 % responden tetap dapat melakukan kegiatan ekstrakurikuler. Selain itu didapatkan 84.4% responden tetap masuk sekolah meskipun sedang, mengalami dysmenorrhea dan ini bisa disimpulkan bahwa keinginan siswa untuk belajar sangat tinggi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang pembahan aktivitas di sekolah pada remaja akibat dysmenorrhea.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA5317
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2004
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : viii, 26 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5317 16-22-54836311 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20277211
Cover