UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Wacana lingkungan di dalam anime 'Mononoke Hime' = Environmental discourse in the anime of ‟Mononoke Hime‟

Gregory Julian Rangga Dewangga; Bachtiar Alam, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011)

 Abstrak

Dalam skripsi ini akan dibahas mengenai wacana lingkungan yang ada di dalam karya Miyazaki Hayao, yang berjudul Mononoke Hime.Untuk menunjukkan wacana lingkungan yang ada dalam anime Mononoke Hime maka akan digunakan sebuah metode khusus yang bernama critical discourse analysis. Melalui analisis yang dilakukan oleh peneliti ditemukan bahwa terdapat kemiripan antara pemikiran orang Jepang mengenai alam dengan arcadian discourse yang berkembang di barat. Akan tetapi dalam anime Mononoke Hime wacana yang dibentuk oleh Miyazaki Hayao merupakan hubungan saling menghormati antara manusia dan alam tetapi tanpa melepaskan diri dari komunitasnya masing-masing.

This scientific writing will review environmental discourse which can be found in Miyazaki Hayao's animation, Mononoke Hime.In analyzing the environmental discourse in the anime of Mononoke Hime, the writer uses a special method named critical discourse analysis.The writer finds similarities between Japanese‟s construct towards nature with the ‟Arcadian discourse‟ that is developed in the West. However, the environmental discourse in the anime of Mononoke Hime that is constructed by Miyazaki Hayao is respecting coexistence between human being and nature without deliberating themselves from their communities.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S417
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 49 hlm. : ill. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S417 14-20-284336031 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20278713
Cover