UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Efektifitas FeSO4 dan FeSO4 + Na2EDTA sebagai fortifikan zat besi pada susu kedelai dan tempe = Effectiveness of FeSO4 and FeSO4 + Na2EDTA as iron fortificant in soy milk and tempe

Nany Nurul Husna; Agustino Zulys, supervisor; Ridla Bakri, supervisor (Universitas Indonesia, 2011)

 Abstrak

Fortifikasi zat besi dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi defisiensi zat besi yang dapat menyebabkan anemia. Penambahan fortifikan FeSO4 dan FeSO4 + Na2EDTA ke dalam sampel susu dan tempe kedelai dilakukan dengan melakukan variasi jumlah fitat dan variasi jumlah fortifikan yang ditambahkan. Pengujian kadar Fe dilakukan dengan cara memisahkan antara Fe bebas ( Fe yang tidak terikat dengan fitat ) serta Fe-Fitat dengan pelarut amil alkohol dan diukur dengan menggunakan AAS. Pengujian kadar fitat pada susu dan tempe dilakukan dengan Spektrofotometer UV-Visible. Hasil yang didapat jumlah Fe bebas semakin berkurang dengan bertambahnya fitat. Fortifikasi paling efektif diperoleh pada penambahan 0,2 mol FeSO4 dan 0,1 mol Na2EDTA untuk 100 mL susu sedangkan untuk 50 gram sampel tempe pada penambahan 0,2 mol FeSO4 tanpa penambahan Na2EDTA.

Iron fortification can prevent iron deficiency anemia. The addition of fortificant FeSO4 and FeSO4 in to the sample is using variation of fortificant and variation of phytic acid. The analysis of iron concentration by separate free iron ( iron wich non-bonding with phytic acid ) and iron-phytat with amil alcohol and measured using Atomic Absorption Specthrophotometry. The evaluation of concentration of phytic acid sampel is using UV- Visible Specthrophotometer. The result is the amount of free iron decrease by the increase of phytat. The most effective fortification is obtained by the addition of 0,2 mol FeSO4 and 0,1 mol Na2EDTA for 100 mL soy milk and for 50 gram tempe is obtained by the addition of 0,2 mol FeSO4 without addition of Na2EDTA.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S364
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2011
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 35 hlm. : ill. ; 30 cm. + Lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S364 14-19-039362217 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20279491
Cover