Dengan tersedianya banyaknya bioskop di Jakarta sebagai sarana menonton film, muncul persaingan di antara bioskop-bioskop untuk saling merebut konsumen. Pada dasarnya, ada dua perusahaan bioskop yang terlibat dalam persaingan itu, yaitu 21Cineplex dan BlitzMegaplex. Dengan adanya persaingan antar bioskop tersebut, muncul permasalahan dalam pengambilan keputusan mengenai tempat untuk menonton yang sesuai dengan preferensi. Keputusan tersebut dipengaruhi oleh atribut yang berkaitan dengan bioskop dan karakter sosio-demografi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut bioskop dan karakter sosio-demografi terhadap keputusan tempat menonton film. Hasil dari penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen menonton di bioskop yaitu 21 Reguler, waktu tempuh 21 Reguler, harga 21 Premiere, promo 21 Premiere, harga Blitzmegaplex, waktu tempuh Blitzmegaplex.
The availability of many movie cinemas in Jakarta makes movie cinemas compete each other to get consumer. There are two large movie cinema companies competing in that competition, which are 21Cineplex and BlitzMegaplex. Since the competition exists within those two companies, the consumer face the choice decision problem about where to watch movies that suitable with their preferences. That consumer's decision is influenced by the attributes if the movie cinema and by the socio-demography characters of the consumer. The purpose of this research is to find the factors influencing the preferences of movie cinema's consumer. The output of this research are the factors influencing consumer's preferences which are 21 Reguler's ticket price, 21 Reguler's travel time, 21 Premiere's ticket price, 21 Premiere's promo, Blitzmegaplex's ticket price and Blitzmegaplex's travel time.