Depresi postpartum merupakan salah satu gangguan adaptasi psikologis pada ibu postpartum yang dapat menyebabkan ibu tidak mampu merawat diri dan bayinya. Penelitian quasy experimenal dengan pendekatan pre-post test with control group ini ditujukan untuk menilai efektifitas intervensi edukasi dalam mengatasi depresi postpartum.
Hasil penelitian menunjukkan penurunan proporsi depresi secara bermakna pada kelompok intervensi (p=0,000), namun tidak berbeda bermakna dibandingkan kelompok kontrol (p=1,000). Intervensi pendidikan kesehatan direkomendasikan untuk dikembangkan sebagai bagian dari discharge planning untuk meningkatkan kesehatan psikologis ibu postpartum.
Postpartum depression is one of the psychological adaptation disorder to postpartum mother that cause she doesn't have ability to take care her self and her baby. This quasi-experimental research using pre-post test with control group aims to assess the effectivity of education intervention in overcoming postpartum depression. The results of research showed that significant decrease of postpartum depression in treated group (p=0,000), but doesn't differ a significant compared to control group (p=1,000). The education intervention of Health is recommended to be developed as part of discharge planning to increase psychological health of postpartum mother.