UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pola penggunaan kepuasan serta pendapat kalangan cendikiawan Fisip UI terhadap tajuk rencana dan artikel-kolom harian Kompas (Suatu studi komparatif)

Sumampouw, Erlia; Sasa Djuarsa Sendjaja, supervisor; Ken Reciana Sanjoto, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1990)

 Abstrak

Setiap suratkabar umumnya memiliki satu halaman editorial yang berisi pendapat atau opini saja, tajuk rencana dan artikel-kolom. halaman ini terdapat pada halaman IV, yang juga lazim disebut diantaranya Pada suratkabar Kompas dengan halaman editorial. Berdasarkan dialog-dialog yang terjadi melalui artikelartikel by-line dapat dilihat bahwa materi yang dibahas disini biasanya tergolong berat dan berbobot, tidak bercorak ringan, vulgar maupun picisan. Pembaca yang kurang berpendidikan atau tingkat pendidikannya rendah kiranya akan menemui : E kesulitan dalam mengikuti dialog-dialog tersebut. Mayoritas dari para penyumbang naskah adalah para sarjana. Demikian pula dengan tajuk rencana yang ditulis oleh para ahli di bidangnya masing-masing dengan latar belakang pendidikan yang cukup kuat. Berdasarkan fakta-fakta di atas disusunlah rencana penelitian untuk melihat pola penggunaan, motivasi, pendapat, postactivity tajuk rencana dan artikel oleh kalangan pembaca kepuasan serta kolom sebagai wadah opini bagi dan dengan latar belakang pendidikan tinggi. Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel staf pengajar tetap dan tidak tetap FISIP-UI sebagai wakil dari kalangan pembaca berpendidikan tinggi. Bertolak dari asumsiasumsi kemudian dilakukan analisis deskriptif univariat dan bivariat untuk memberikan gambaran umum penggunaan tajuk rencana dan artikel-kolom, serta memaparkan perbandingan antara keduanya. Guna melihat ada/tidaknya perbedaan yang signifikan dan kekuatan hubungan antar variabel, peneliti menggunakan perhitungan statistik chi-square, cramer dan Tau Kendali B. Hasil penelitian memperlihatkan. memang terdapat hubungan maupun perbedaan yang signifikan antara berbagai variabel di atas, kecuali antara variabel identitas jenis kelamin, usia, pendidikan dan bidang pendidikan/jurusan) dan motivasi membaca tajuk rencana dan artikel-kolom, pola penggunaan dan postactivity terhadap tajuk rencana dan artikel- kolom. Kekuatan hubungan yang ada berkisar dari 0,20 - 0,50 (hubungan rendah tapi pasti - hubungan yang cukup berarti ). Hasil perhitungan statistik hanya memperlihatkan perbedaan yang signifikan antara variabel kontrol jenis kelamin dan bidang pendidikan/jurusan terhadap variabel-variabel pola penggunaan, motivasi, pendapat, kepuasan serta positif : activity terhadap tajuk rencana dan artikel-kolom. Hal ini tidak nampak pada variabel kontrol usia dan pendidikan.

 File Digital: 1

Shelf
 S3861-Erlia Sumampouw.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1990
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xix, 166 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-20-117150551 WEEDING
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20283332
Cover