UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Estimasi biaya energi dan perpindahan kalor pada tangkai ice slurry generator berbahan dasar air laut

Irawan Sentosa; Agus Sunjarianto Pamitran, supervisor; Nandy Setiadi Djaya Putra, examiner; Nasruddin, examiner; Ardiyansyah, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011)

 Abstrak

Kebutuhan nelayan untuk dapat menghasilkan kualitas ikan yang baik sangat tergantung dengan metode pendinginan yang dilakukan. Metode pendinginan yang ada saat ini dengan menggunakan es balok dianggap kurang efektif, Hal inidikarenakan bersifat keras dan dapat merusak ikan. Pendinginan menggunakan ice slurry berbahan dasar air laut merupakan salah satu solusi yang ditawarkan untuk menghasilkan kualitas ikan lebih segar dan lebih awet.
Penelitian ini bertujuan untuk mengamati perpindahan kalor yang ada pada tangki generator sistem dan mengestimasikan biaya energi yang diperlukan untuk menghasilkan ice slurry. Pengujian dilakukan pada variasi volume air laut pada 5 liter, 7 liter, 9 liter dan 10 liter. Dari hasil pengujian diperolh bahwa biaya energi paling efektif terjadi saat pengujian air laut dengan volume 9 liter pada siang hari dan 10 liter pada malam hari.

Fisheries requirement to produce fish with better quality depend on refrigeration system used. Now , refrigeration system is using a beam ice based pure water regarded not effective because its properties hard so can damage fishes.refrigeration using ice slurry based on sea water is one of solution bergained to produce better quality of fish, so that it will more fresh and long lasting.
This experiment is aimed for observe heat transfer in tank generator and estimate energy cost which needed to produced ice slurry. Performance test was conducted in several variation of volume ( 5 ,7,9 and 10 litre). From performance test known that most efective of energy happen when sea water cooled with volume 9 litres on day and 10 litres on night.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S1023
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : xii, 70 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S1023 14-22-44711795 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20283360
Cover