UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pendapat khalayak mengenai media publikasi Infocom (Studi kasus pesera seminar yagn menghadie yang menghadiri compter 'EXPO" '91 Exhebition & Semiars)

Madja Sugandi; Arintowati Hartono Handojo, supervisor; Martini B. Mangkoedipoero, supervisor ([Publisher not identified] , 1992)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini berlatar belakang pada masalah yang mengungkapkan fenomena sosial, politik, teknologi dan ekonomi yang sedang melanda dunia pada dasawarsa 1990-an, yang muncul sebagai akibat pengaruh global revolusi teknologi. Bila hal yang merupakan kelanjutan revolusi industri tersebut, mampu menimbulkan pergeseran-pergeseran kekuatan yang berarti, sehingga terbentuknya berbagai blok kepentingan yang saling bersaing di seluruh dunia. Maka pengaruh global revolusi informasi dan komunikasi menyebabkan pemerataan informasi di seluruh dunia yang mampu mengurangi jurang pengetahuan antara sesama manusia. Pada kenyataannya antara revolusi teknologi dengan revolusi informasi dan komunikasi terdapat hubungan yang saling mendukung. Revolusi teknologi mencakup peningkatan teknologi di bidang media komunikasi, sedangkan revolusi informasi mencakup publisitas dalam bidang pemasaran produksi hasil peningkatan teknologi. Salah satu jenis puolisitas yang cukup menarik perhatian untuk diteliti adalah media publikasi yang memuat informasi mengenai produk-produk dan teknologi komputer mikro, karena selain komputer mikro merupakan peralatan penting yang digunakan dalam bidang media komunikasi, maka media publikasi komputer mikro tersebut juga mendukung peningkatan teknologi itu sendiri dengan membantu industri komputer mikro dalam bidang pemasaran komputer mikro. Peningkatan hasil keuntungan yang diperoleh dari bidang pemasaran tersebut tentunya dapat digunakan oleh industri komputer mikro untuk merangsang penelitian dan pengembangan komputer mikro selanjutnya. Diantara berbagai media publikasi komputer mikro yang memuat informasi mengenai produk-produk dan teknologi komputer mikro dan komunikasi atau informasi komputer mikro, terbit media publikasi INFOCOM yang beredar melalui toko-toko buku dan toko-toko komputer di kota-kota besar di seluruh Indonesia. Sebagai media publikasi komputer mikro yang baru muncul, peneliti memandang perlu untuk mengetahui bagaimana pendapat khalayak mengenai media publikasi INFOCOM yang memuat informasi komputer mikro. Berdasarkan tujuan tersebut penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan metode deskriptif dan korelasional. Sehubungan itu populasi yang terdiri dari khalayak yang merupakan peserta seminar yang menghadiri Computer EKRO 91 Exhebition dan Seminars, seluruhnya berjumlah seratus peserta seminar. Sedangkan sampel berjumlah 25 responden. Dari hasil penelitian ini terungkap bahwa khalayak puas dengan pemenuhan kebutuhan akan informasi komputer mikro yang diperoleh melalui media publikasi INFOCOM, dan bahwa penyajian fisik, isi dan editorial media publikasi INFOCOM menurut pendapat khalayak adalah represertatif, informatif dan sesuai sebagai suatu media publikasi yang memuat informasi komputer mikro. Selanjutnya juga terungkap bahwa khalayak memiliki minat untuk menggunakan media publikasi INFOCOM sebagai alternatif sumber informasi komputer mikro.

 File Digital: 1

Shelf
 S3942-Madja Sugandi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S3942
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1992
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 111 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S3942 14-20-955765166 WEEDING
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20283391
Cover