UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Motivasi pelajar SLTP menonton acara program pendidikan sekolah di Televisi Pendidikan Indonesia (Studi komunikasi dengan menggunakan pendekatan uses and gratifications dikalangan pelajar SMPN 49 Jakarta)

Sidik Nurhidayat; Eduard Lukman, supervisor; Askariani B. Hidayat, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1992)

 Abstrak

ABSTRAK
Informasi pada saat ini sudah menjadi salah satu bagian dari kebutuhan hidup manusia, hal tersebut disebabkan karena aktivitas manusia sudah begitu rumit dan beragam dimana dengan informasi dapat mempermudah dan menunjang aktivitas tersebut*. Sarana yang digunakan oleh manusia untuk mendapatkan informasi salah satunya melalui media massa. Salah satu media massa yang mempunyai kemampuan lebih dalam penyebaran informasi ialah televisi. Fungsi lain dari televisi ialah dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan. Hadirnya Televisi Pendidikan Indonesia menarik untuk dibahas lebih dalam mengingat sebagian besar porsi acaranya adalah bidang pendidikan, baik pendidikan formal maupun non formal. Acara Program Pendidikan Sekolah merupakan acara pendidikan formal yang ditayangkan setiap hari dengan sasarannya pelajar. Tujuan dari penelitian ini ialah ingin mengetahui motivasi pelajar dalam menonton acara program pendidikan sekolah, acara program pendidikan sekolah yang disenangi, kepuasan dan harapan khalayak terhadap acara tersebut. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan Uses and Gratification yakni melihat perilaku khalayak yang aktif dalam menggunakan media dengan tujuan untuk memperoleh kepuasan dan dapat memenuhi kebutuhannya. Dari sudut metodologi penelitian ini bersifat Deskriptif Analitis yakni hanya menggambarkan tentang motivasi pelajar dalam menonton acara-acara program pendidikan formal serta data-data lain yang mendukung. Bukan mengukur suatu kekuatan hubungan antar variabel. Sampel penelitian ialah pelajar yang pernah menonton acara program pendidikan sekolah yang diambil dengan cara purposive sampling dengan tekhnik penarikan sampel random sederhana. Motivasi pelajar dalam menonton acara program pendidikan sekolah sebagian besar karena ingin memenuhi kebutuhan akan informasi dan menambah pengetahuan. Acara program pendidikan sekolah yang dapat memenuhi kebutuhan harapan pelajar adalah acara program pendidikan sekolah yang bersifat ilmu-ilmu eksakta. menyatakan puas bila materi acara program pendidikan sekolah dinilai baik. Acara yang dapat memberikan kepuasan adalah Pelajar acara Program pendidikan yang bersifat ilmu eksakta, karena dapat menjelaskan hal-hal yang bersifat abstrak.

 File Digital: 1

Shelf
 S3890-Sidik Nurhidayat.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1992
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : viii, 136 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-20-236259337 WEEDING
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20284902
Cover