UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Gambaran wanita Indonesia dalam cerita pendek (Studi analisa isi cerpen-cerpen yang dimuat dalam majalah Femina dari tahun 1988-1993)

Nadeak, Destiny Conny; Ina Ratna Mariani, supervisor; Nina Mutmainnah, supervisor ([Publisher not identified] , 1994)

 Abstrak

ABSTRAK
Cerita pendek atau cerpen adalah salah satu bentuk komunikasi, yang meskipun hanya merupakan cerita rekaan, boleh dikatakan merupakan cerminan terhadap apa sedang terjadi di dalam masyarakat. Dengan kata namun yang lain, isi cerpen juga merupakan cerminan dari kenyataan yang ada dalam masyarakat. Penelitian ini ingin melihat bagaimana tokoh digambarkan dalam cerpen majalah Femina, dan persoalan apa saja yang sering mereka hadapi. wanita Penelitian ini memakai metode analisis isi, dan mengambil sampel cerpen cerpen yang pernah dimuat dalam majalah Femina dari tahun dengan tahun 1993 sebanyak 120 1988 sampai cerpen. Pengambilan dilakukan dengan teknik acak (random) sederhana. sampel Dari hasil penelitian ditemukan bahwa gambaran Femina mendapat tempat yang wanita dalam cerpen cukup baik. Arti nya para tokoh wanita mempunyai kehidupan yang baik, Pendidikan mereka rata-rata. tinggi, bahkan ada yang sampai mencapai gelar master. Pekerjaan yang mereka lakukan pun beragam, mulai dari yang kedudukan yang tinggi, seperti direktur sampai kepada pekerjaan sebagai pembantu rumah tangga. Kebanyakan para tokoh wanita berusia dewasa, dan
rata-rata menikah serta mempunyai kehidupan rumah tangga yang bahagia dengan status sosial ekonomi menengah. Persoalan yang dihadapi para tokoh wanita bermacam macam, dan umumnya yang paling sering mereka hadapi adalah masalah hubungan suami istri (bagi wanita yang menikah) dan masalah pekerjaan versus keluarga (anak). Sedangkan bagi wanita lajang, mereka banyak terlibat dengan persoalan pilihan antara karier dan cinta. Semua persoalan yang dihadapi para tokoh wanita baik yang sudah menikah ataupun yang lajang bisa diatasi oleh mereka. Khususnya persoalan yang menyangkut pekerjaan, dapat mereka atasi tanpa bantuan orang lain, namun bila menyangkut masalah pribadi, maka mereka membutuhkan orang lain. Meskipun cerpen hanya cerita rekaan, namun pesan yang disampaikan dapat menjadi pengalaman kepada pembaca khususnya wanita, sehingga apabila mereka mengalami peristiwa kejadian yang sama seperti dalam cerpen, mereka akan bisa mengatasinya. Jadi dengan kata lain, membaca cerpen sama artinya dengan belajar memahami kehidupan melalui pengalaman orang lain.

 File Digital: 1

Shelf
 S3906-Destiny Conny Nadeak.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1994
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : vi, 100 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-20-287269755 WEEDING
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20284924
Cover