UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Pembentukan indikator sasaran dengan proxy means test berdasarkan metode princals

Winda Juwita Sari; Rianti Setiadi, supervisor; Dian Lestari, supervisor; Fevi Novkaniza, examiner; Yeni Rustina, examiner (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2011)

 Abstrak

Indikator sasaran digunakan untuk mengukur suatu variabel sasaran yang tidak bisa diukur secara langsung dan tidak bisa diukur dengan skala likert. Salah satu cara membentuk indikator sasaran adalah proxy means test, yaitu membentuk indikator sasaran dari sejumlah variabel proxi yang berhubungan erat dengan variabel sasaran, mudah diukur, dan tidak bisa dimanipulasi. Salah satu metode yang digunakan dalam proxy means test, di mana variabel-variabel proxi merupakan variabel kategorik, adalah metode PRINCALS. Prinsip dari PRINCALS adalah kuantifikasi dengan teknik optimal scaling dan pembentukan sejumlah komponen dari variabel-variabel kategorik yang telah dikuantifikasi, di mana dilakukan secara iteratif dan simultan sehingga memaksimumkan total variansi variabel-variabel kategorik yang telah dikuantifikasi yang dicakup oleh sejumlah komponen utama. Indikator sasaran proxy means test berdasarkan metode PRINCALS dipilih dari beberapa komponen yang telah terbentuk sesuai kebutuhan peneliti.

Target indicators are used to measure a target variable that can not be measured directly and can not be measured with a Likert scale. One way to form a target indicators are with proxy means test, which form the target indicator of the number of proxy variables which are closely related to the target variable, easily measured, and can not be manipulated. One of the methods used in proxy means test, in which the proxy variables are categorical variables, is the PRINCALS method. The principle of PRINCALS is the quantification with optimal scaling technic and establisment of components of categorical variables that have been quantified, which is done iteratively and simultaneously to maximize the total variance of categorical variables covered by a number of major components. Target indicators of proxy means test based on PRINCALS method are chosen from several components that have been formed according to the needs of researchers.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S1157
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2011
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : xiii, 60 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S1157 14-22-92004868 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20284989
Cover