Penelitian ini mencoba melihat persepsi siswa SMTA, khususnya siswa kelas III, dalam melihat pesan iklan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di surat kabar.
Persepsi yang dilihat di sini meliputi sense (penginderaan) terhadap pesan iklan, atensi (perhatian), interpretasi (penafsiran), dan comprehension (pengertian).
Responden penelitian dilihat berdasar perbedaan jenis kelamin, dengan asumsi kelompok yang berbeda mungkin akan mempunyai gambaran yang berbeda terhadap pesan iklan yang diteliti. Data penelitian dikumpulkan melalui penelitian survei, dengan instrumen kuesioner.
Hasil persepsi yang tergambar dari data, menunjukkan sebagian besar responden menyatakan pesan iklan yang diteliti memiliki suatu keunikan, dan unsur iklan yang berupa "sub-judul" (subheadline) merupakan unsur yang paling menarik perhatian. Selain itu, penggunaan unsur visual yang bersifat akademis (visual "piala") terbukti berhasil menarik perhatian dan mendorong khalayak untuk mengetahui isi pesan iklan lebih jauh, karena dianggap relevan dengan pesan iklan produk lembaga pendidikan.
Gambaran persepsi yang terlihat antara responden
laki-laki dan responden perempuan terlihat tidak
menunjukkan perbedaan yang besar (menyolok), walaupun perbedaan-perbedaan itu tetap ada.