UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Implementasi sistem bantuan penderita buta warna: interaksi suara untuk perangkat tertanam dengan sistem operasi tertanam microsoft

Ruki Harwahyu; Riri Fitri Sari, supervisor; Kalamullah Ramli, examiner; Prima Dewi Purnamasari, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011)

 Abstrak

ABSTRAK
Fitur suara dapat menjadi alternatif model interaksi pada perangkat tertanam yang dirancang tanpa memiliki banyak tombol kendali, seperti sistem bantu penderita buta warna yang dirancang, yang disebut Chromophore. Skripsi ini membandingkan kinerja fitur suara yang dibuat dengan SAPI5.1 dan fitur suara yang dibuat manual dengan metode penggabungan fonem dan DTW, untuk diimplementasikan pada Chromophore. Skripsi ini juga membandingkan kompatibilitas OS tertanam WinCE6 dan WES09 untuk mendukung fitur suara tersebut. Pengujian fitur suara dilakukan dengan 10 responden untuk mengenali kata-kata yang disintesis sistem dan mengucapkan kata agar dikenali sistem. Pengujian OS dilakukan dengan melihat ukuran, durasi boot, dan dukungannya terhadap aplikasi berfitur suara. Dari uji coba tersebut, diketahui bahwa fitur suara yang dibuat dengan SAPI5.1 memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan fitur suara yang dibuat manual, dengan keberhasilan sintesis suara sebesar 88,33% dan pengenalan suara sebesar 75,87% pada kondisi tenang dan 74,76% pada kondisi bising. Pengujian kedua membuktikan WES09 lebih cocok digunakan dikarenakan dukungannya pada .NET 3.5 dan SAPI5.1.

ABSTRACT
Speech feature can be an alternative interaction model for embedded device, which is designed without many buttons for its control, such as color-blind aid system that is designed, namely Chromophore. This paper compares performance of a speech feature created using SAPI5.1 and a speech feature created manually using phone-concatenate and DTW, to be implemented in Chromophore. This paper also compares the compatibility of embedded operating systems, WinCE6 and WES09, to support the speech feature. The testing for speech feature is done using 10 respondents to identify words synthesized by the systems and to say words to be recognized by the systems. The testing for operating systems is done by observing their size, boot time, and their support for the speech feature. As the result, speech feature created using SAPI5.1 is better than the manually-created one, with success rate 88,33% for speech synthesis, 75,87% and 74,76% for speech recognition in silent and noisy condition. The second testing shows that WES09 is more suitable because of its support for .NET 3.5 and SAPI5.1.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S845
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : xiii, 80 pages ; 30 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S845 14-17-614163845 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20285415
Cover