Coronary Artery Bypass Graft (CABG) adalah tindakan yang dilakukan untuk mengatasi masalah pada arteri koroner klien dengan membuat jalur pintasan baru. Salah satu tujuan jangka panjang CABG adalah untuk meningkatkan kualitas hidup klien. Penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi ini bertujuan untuk menggambarkan pengalaman klien post CABG tentang perawatan yang diterimanya terhadap kualitas hidup dalam konteks asuhan keperawatan. Hasil penelitian mengidentifikasi 6 tema, yaitu 1) respon psikospiritual, 2) respon pemenuhan kebutuhan dasar, 3) kepuasan klien terhadap perawat, 4) kualitas hidup berubah, 5) jenis upaya klien, 6) sikap profesional perawat. Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi perawat untuk merancang asuhan keperawatan pre dan post CABG yang sesuai dengan kebutuhan klien, bagi penelitian lanjut dapat dijadikan data dasar untuk penelitian terkait kualitas hidup secara kuantitatif.
Coronary Artery Bypass Graft (CABG) was action to solve client with coronary artery problem by making new bypass. One of the long-range purposed of CABG was to improve the quality of client life. This qualitative research with phenomenology study approach aimed to describe post CABG client experience in care accepted against quality of life in nursing care context. Result of this research identify 6 themes, they are 1) psycho-spiritual responses 2) accomplishment of elementary requirement responses 3) client satisfaction on nurse 4) changes in quality of life 5) strive client types 6) professional attitude of nurse. Result of this research can be made as reference to nurse on pre and post CABG nursing care design as client need, for the next research can be made as basic data related to quality of life research quantitatively.