UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Learning Pattern Siswa-siswi SLTA berkemampuan tinggi pada Learner Controlled Task; hubungannya dengan Locus of Control dan pengetahuan terdahulu

Reny Wiriandhani; Sri Hartati Dewi Reksodiputro, supervisor; Ilsiana Jatiputra, examiner ([Publisher not identified] , 1995)

 Abstrak

ABSTRAK
Learner controlled task merupakan tugas yang memberi kebebasan penuh pada
siswa untuk mengontrol beberapa dimensi yang ada pada tugas tersebut seperti misalnya
urutan pengerjaan, content, atau lama pengexjaan. Dalam tugas yang demikian siswa
hams mampu mengontrol dan mengarahkan sendiri kegiatan belajamya, karena tidak
ada aturan yang baku mengenai cara pengerjaannya. Asumsi dasar penyusunan tugas
ini adalah agar siswa menjadi meningkat motivasi dan prestasi belajarnya berkaitan
dengan kebebasan yang diberikan pada mereka. Namun pada kenyataannya beberapa
siswa justru menjadi terhambat dan tidak terarah belajarnya, karena tidak dapat
memanfaatkan dengan balk fasilitas-fasilitas yang tersedia. Apakah sebenarnya yang
menyebabkan sebagian siswa berhasil menyelesaikan learner controlled task sementara
siswa Iainnya tidak. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjawab pertanyaan
ini adalah dengan menganalisa proses penelusuran infonnasi yang dilakukan oleh siswa
dalam menjalankan tugasnya (oleh Suradiono (1993) disebut sebagai learning pattern)
dan menelaah faktor-faktor yang diperkirakan turut mempengaruhi kegagalan tersebut,
seperti misainya locus of control (LOC) dan pengetahuan terdahulu. Dan secara khusus
penelitian ini difokuskan pada sampel siswa SLTA berkemampuan umum tinggi dan
berusia 16-17 tahun.
Demikianlah, secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Iearn-
ing pattern yang muncul pada siswa-siswa SLTA dengan taraf kemampuan umum tinggi
pada learner controlled task. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menelaah
faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan siswa dalam memanfaatkan kebebasan yang
diberikan pada mereka, dengan mengetahui bagaimana hubungan LOC dengan Iearn-
ing pattern, hubungan learning pattern dengan pengetahuan terdahulu, serta dengan
mengidentifikasi alasan-alasan siswa dalam memanfaatkan fasilitas yang tersedia pada
unit pembelajaran.
Berkaitan dengan tujuan di atas maka penelitian ini dilakukan dengan melibatkan
30 orang siswa salah sebuah SLTA di Jakarta. Kepada mereka diberikan satu unit
pembelajaran yang sifatnya leamer controlled. Agar dapat ditelusuri proses kognitif yang
terjadi selama proses belajar berlangsung maka mereka diminta untuk mengungkapkan
semua yang ada dalam pikirannya selama mengerjakan tugas tersebut. Metode ini dikenal
sebagai metode think-aloud (berpikir keras). Sebelum penelitian dimulai diberikan latihan
berpikir keras dan diberikan tes yang mengukur pengetahuan terdahulu mereka. Seluruh
jalannya penelitian direkam secara audio. Dan hasil yang diperoleh dianalisis secara
kualltatif melalui protokol berpikir keras dari masing-masing siswa. Sedangkan alat ukur
LOC yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala Children's Nowicki-Strickland Inter-
nal External Control.
Penelitian ini berhasil mengidentifikasi 5 macam learning pattern. Pola I - IV
menggambarkan keteraturan pengerjaan tugas dan penelusuran informasi, sementara
pola V menunjukkan tidak teraturnya alur penelusuran informasi yang dilakukan oleh
siswa. Dalam penelitian ini hanya satu orang siswa yang menampilkan pola V. Sedangkan
hubungan antara learning patternm dengan LOC dan dengan pengetahuan terdahulu tidak
terlalu tampak dalam penelitian ini. Namun demikian dad hasil yang diperoleh secara umum dapat disimpulkan bahwa para siswa SLTA berkemampuan umum tinggi pada
penelitian ini telah siap dan mampu mengarahkan dengan baik proses belajarnya apabila
mereka dihadapkan pada tugas yang sifatnya memberi kebebasan pada mereka untuk
mengontrolnya.
Penelitian lanjutan kiranya dapat dilakukan dengan menggunakan sampel yang
lebih banyak, berkemampuan umum rata-rata dan bukan berasal dari sekolah yang
tergolong baik. Selain itu materi pelajaran yang disajikan pun hendaknya lebih disesuaikan
dengan kebutuhan siswa pada umumnya.

 File Digital: 1

Shelf
 S2443-Reny Wiriandhani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S2443
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1995
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi, 125 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S2443 14-18-025376607 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20286628
Cover