UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis item, uji reliabilitas, dan uji validitas Detroit Tests of Learning Aptitude-3 pada Siswa Sekolah Dasar usia 6-9 tahun di Jakarta

Azalea Estella Tani; Siahaan, Frieda Maryam Mangunsong, supervisor; Rismawati Syahnawi, supervisor ([Publisher not identified] , 1996)

 Abstrak

Dalam penelitian ini, penulis bermaksud untuk melakukan adaptasi dari Detroit Test
of Learning Aptitude-3 (DTLA-3). Sebagai baterai tes yang mengukur berbagai develop
abilities^ DTLA-3 menawarkan beberapa kelebihan dibandingkan dengan tes-tes
kemampuan mental umum konvensional yang sudah dikenal, yaitu dapat digunakan untuk ;
1. mengukur fungsi kognitif umum (general mental ability), meramalkan keberhasilan
di masa yang akan datang (aptitude), menunjukkan penguasaan mated dan
ketrampilan tertentu (achievement), tergantung kepada orientasi atau kebutuhan
pengguna tes ini,
2. menentukan kekuatan dan kelemahan pada developed mental abilities yang penting
dalam merencanakan program pendidikan,
3. mengidentifikasikan anak dan remaja yang secara signifikan berada di bawah
kelompoknya dalam kemampuan bahasa, atensi, motorik, yang penting untuk
keberhasilan akademik, dan
4 lebih menekankan pada kemampuan yang spesifik.
Penelitian ini melibatkan 124 siswa sekolah dasar dengan rentang usia 6 tahun 0
bulan sampai 9 tahun 11 bulan. Pengutnpulan data dilakukan dengan cara memberikan
DTLA-3 dan WISC-R secara individual.
Pengolahan data dilakukan dalam dua cara. Pertama dianalisis berdasarkan seluruh
kelompok; kedua, analisis untuk masing-masing kelompok usia. Rumus yang digunakan
dalam perhitungan indeks kesukaran item adalah indeks kesukaran rata-rata. Untuk
menghitung indeks validitas item digunakan rumus korelasi point biserial dan Pearson
Product Moment tergantung sifat dari variabel-variabel yang dikorelasikan. Sedangkan
reliabilitas dihitung menggunakan rumus alpha. Untuk mendapatkan nilai validitas konstruk
dipergunakan rata-rata untuk melihat adanya peningkatan skor kasar pada setiap kelompok
usia dan menggunakan korelasi Pearson Product Moment dalam melihat korelasi antar
subtes DTLA-3 dan korelasi antar total subtes DTLA-3 dengan total subtes WISC-R.
Belum tersedianya norma untuk anak-anak di Indonesia, maka skor mentah dari sampel
penelitian ini diubah ke dalam standar skor dengan menggunakan rumus transformasi.
Secara keseluruhan item-item kesebelas subtes DTLA-3 memiliki daya pembeda
item, dalam arti item-item subtes ini dapat membedakan antara subyek yang kemampuannya
tinggi dengan subyek yang kemampuannya rendah dalam aspek yang diukur oleh setiap
subtes.
Item-item pada kesebelas subtes DTLA-3 telah bervariasi dalam derajat
kesukararmya, namun belum tersusun berdasarkan derajat kesukarannya, kecuali pada pada
subtes Design Sequences dan Reversed Letters.
Ada konsistensi respon terhadap item-item pada subtes DTLA-3 karena item-item
tersebut selaras mengukur kemampuan yang sesuai dengan tujuan pengukuran setiap subtes,
kecuali pada subtes Basic Informations, Design Sequences, Story Sequences, dan Picture
Fragments.
Ada kesamaan pengukuran antara seorang penilai dengan penilai lainnya pada subtes
Design Reproduction da/? Story Constructions ini. Dengan kata lain peniiaian pada dua
subtes ini tidak bersifat subjektif. DTLA-3 terbukti valid mengukur konstruk kemampuan
mental umum.
Disarankan untuk melakukan modifikasi pada beberapa subtes dengan
memperhatikan muatan budaya, urutan item, dan cara skoring. Agar dapat dilakukan
generalisasi hasil penelitian, disarankan memperbanyak jumlah sampel penelitian, sampel
yang diambil hendaknya mewakili populasi anak Indonesia.

 File Digital: 1

Shelf
 S2621-Azalea Estella Tani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S2621
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1996
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 156 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S2621 14-18-666025230 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20286791
Cover