UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Peran kepadatan tampilan teks pada layar komputer terhadap penggunaan strategi mendalam (in-depth strategy) pada kegiatan membaca pada siswa-siswi SMU

Vigy Ayu Tantri Soetopo; Sri Hartati Dewi Reksodiputro, supervisor; Ilsiana Jatiputra, supervisor ([Publisher not identified] , 1997)

 Abstrak

ABSTRAK
Pada masa sekarang, komputer telah mulai menjadi alat untuk menyampaikan
bahan-bahan pelajaran. DI dalam komputer bahan-bahan pelajaran disampaikan dalam
bentuk, yang disebut, program ajar (courseware). Program ajar dapat berupa teks-teks
bacaan, gambar-gambar diam maupun bergerak, suara maupun kombinasi atau gabungan
dari semua unsur-unsur diatas. Sebagai alat penyampai program ajar yang berupa teksteks
bacaan, komputer memiliki keterbatasan, yaitu dalam hal banyaknya karakter (huruf,
simbol-simbol lain) yang dapat ditampilkan dalam satu layar tampllan. DIsebutkan bahwa
kepadatan teks seharusnya tidak meleblhi 60 % dari keseluruhan layar komputer.
Kepadatan tampllan teks 25 % diasumsikan merupakan kepadatan yang paling ideal untuk
terjadinya proses pengolahan informasi secara mendalam. Hal ini disebabkan karena
dengan kepadatan yang demikian, teks bacaan tidak dipenuhi oleh terlalu banyak ide
sekunder. Dengan demikian, pengguna (user) program ajar diharapkan akan mudah
menemukan ide utama dari teks bacaan yang ditampilkan pada layar. Dan selanjutnya
dapat meningkatkan kemungkinan {possibility) ide utama tersebut diolah secara lebih
mendalam. Namun demikian, pembatasan tampilan teks tersebut menyebabkan program
ajar terpenggal-penggal ke dalam sekian kali tampilan teks. Maka, terdapdt kemungkinan bahwa seorang pengguna akan "tersesat" di dalam teks-teks bacaan. maupun kesulitan
dalam mencari teks-teks yang ingin dibacanya. Adanya kedua pemyataan yang saling
tidak mendukung tersebut menimbulkan pertanyaan apakah yang sebenamya terjadi dalam
proses pengolahan Informasi tersebut diatas. Apakah kepadatan tampilan teks berperan
dalam mendorong digunakannya strategl mendalam pada keglatan membaca ?
Seseorang dianggap menggunakan strategl mendalam ketika membaca bila la
melakukan pengolahan terhadap teks bacaan sampai ke tahap melakukan Interpretasi.
Untuk dapat mengetahui apakah seorang melakukan pengolahan informasi secara
mendalam atau tidak adalah dengan melakukan analisa terhadap proses penelusuran
informasi atau terhadap proses berpikir orang tersebut selama membaca teks-teks yang
berbeda dalam hal kepadatan tampilannya. Selain itu juga dengan melakukan analisa
terhadap faktor-faktor lain yang diasumsikan mempengaruhi cara seseorang melakukan
pengolahan informasi. Penelitian Inl secara khusus difokuskan pada siswa-siswi SMU yang
berusia 15-16 tahun.
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan strategi mendalam
yang digunakan siswa-siswi SMU ketika membaca program ajar yang kepadatan
tampilannya 25 % dan 60 %. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menelaah faktorfaktor
lain yang menyebabkan seseorang menggunakan atau tidak menggunakan strategi
pengolahan yang mendalam. Yaitu dengan melihat peran Locus of Control, Kemampuan
Umum dan Pengetahuan Terdahulu terhadap pola penggunaan strategi mendalam.
Penelitian ini melibatkan 37 orang siswa dan siswi salah satu SMUdi Jakarta. Ke-37
siswa-siswi tersebut dibagi ke dalam dua kelompok dan diberikan program ajar (yang
berupa teks bacaan) dengan kepadatan yang berbeda. Satu kelompok diberi teks dengan
kepadatan tampilan 25 % dan kelompok yang lain diberi teks denga kepadatan tampilan 60 /o. Agar dapat ditelusuri proses berpikirnya selama menggunakan program ajar tersebut.
mereka diminta untuk mengungkapkan semua yang ada dalam pikirannya selama
mengeijakan tugas tersebut. Metode ini dikenal sebagal metode think-aloud (berpikir
keras). Sedangkan alat untuk mengukur LOG yaitu menggunakan skala Nowicki-Strickland
Internal External Control, dan untuk mengukur Kemampuan Umum digunakan Tes
Standard Progressive Matrices. Pengetahuan terdahulu siswa-siswl diidentiflkasi dengan
menggunakan serangkalan pertanyaan esai yang mencakup keseluruhan teks bacaan.
Penelltian ini berhasil mengidentifikasi 5 macam strategi mendalam. yaitu Strategi
Penyimpulan, Strategi Verifikasi, Strategi Elaborasi, Strategi Pembayangan dan Strategi
Problem Hipotesa. Hampir semua siswa menggunakan strategi mendalam ketika membaca
teks yang diberikan, hanya 2 orang yang terlihat tidak melakukan pengolahan secara
mendalam. Dalam penelltian ini, variasi kepadatan tampilan teks ditemukan tidak
menimbulkan perbedaan dalam pola penggunaan strategi mendalam. Namun faktor lain
yaitu pengetahuan terdahulu Justru berperan dalam menimbulkan pola pengolahan yang
berbeda.
Penelitian lanjutan kiranya perlu dilakukan, namun dengan menggunakan sampel
yang lebih banyak. Disamping itu program ajar yang akan diberikan pada siswa hendaknya
disusun secara lebih seksama dengan menggunakan teknik-teknik penyusunan tampilan
teks yang telah ada.

 File Digital: 1

Shelf
 S2725-Vigy Ayu Tantri Soetopo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S2725
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1997
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi, 133 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S2725 14-18-900576603 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20286894
Cover