UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan persepsi siswa terhadap efektifitas guru Penjaskes dengan self-efficacy belajar penjaskes di SD

Gagan Ganda Mulya; Gagan Hartana Tupah Brama, supervisor ([Publisher not identified] , 2003)

 Abstrak

ABSTRAK
Berbagai upaya pembenahan sistem pendidikan dan perangkatnya di Indonesia terns
dilakukan, di mana Gum pada masa sekarang dituntut untuk senantiasa meningkatkan
kemampuan profesionalnya dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.
Pendidikan dasar sebagai jenjang awal dari pendidikan di sekolah yang bertujuan
untuk memberikan bekal kemampuan dasar kepada peserta didik untuk mengembangkan
kehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat warga negara dan anggota umat
manusia serta mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti pendidikan menengah.
Pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan yang mengutamakan aktivitas jasmani
dan kebiasaan hidup sehat sehari-hari mempunyai peranan penting dalam pembinaan dan
pengembangan individu maupun kelompok dalam menunjang pertumbuhan dan
perkembangan jasmani, mental, sosial serta emosional yang serasi, selaras dan seimbang
Manusia sebagai makhluk sosial yang dalam realitasnya melakukan berbagai
interaksi dengan makhluk lain melalui berbagai situasi, seperti situasi di dalam pendidikan
di mana di dalamnya terjadi peristiwa pengajaran yang bertujuan untuk pencapaian tujuan
pendidikan. Siswa sebagai peserta didik yang dibimbing di dalam interaksi edukatif
memunculkan persepsi tentang Gum yang mengajarkan dirinya di dalam pelajaran
pendidikan kesehatan yang efektif ataupun sikap Gum di dalam interaksi dengan siswa,
baik secara positif maupun negatif (Simpson, 1980 dalam Handayani,1996), Siswa
mempersepsikan Gum dari hasil interaksinya di dalam kelas selama mereka belajar di
sekolah.
Efektifitas mengajar di dalam penjelasannya mempunyai variasi dari level sekolah
yang punya area dan konten yang berbeda dari populasi berbeda. Gum sebagai salah satu
faktor ekstemal mempengamhi prestasi belajar siswa, Di dalam penelitian, persepsi siswa
memiliki hubungan dengan self- efficacy di mana self efficacy punya peranan penting
untuk mencapai hasil yang baik di dalam pendidikan (Zimmerman, 1996). Lebih lanjut
Zimmerman menjelaskan bahwa self- efficacy berperan di dalam motivasi akademis. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara
persepsi siswa terhadap efektifitas Guru dengan self- efficacy prestasi pendidikan kesehatan
di Sekolah Dasar.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VI (enam) di SDN Pamulang in yang
beijumlah 94 siswa di mana peneliti berasumsi bahwa siswa kelas enam sudah memilild
pengalaman yang memadai dari basil interaksinya dengan .Guru. Siswa diberikan 2 (dua)
kuesioner, pertama adalah kuesioner self- efficacy prestasi pelajaran penjaskes, kedua
adalah persepsi siswa terhadap efektifitas guru pelajaran pendidikan kesehatan.
Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability dan teknik yang
digunakan adalah accidental sampling. Kemudian data dari basil kuesioner tersebut
dianalisa dengan teknik Alpha Coefisien Cronbach dan teknik korelasi Pearson Product
Moment yang ada di dalam program SPSS versi 11.00.
Dari penelitian yang dilakukan, terdapat hubungan yang positif antara persepsi
siswa terhadap efektifitas Guru dengan self- efficacy. Bila Guru dipersepsikan efektif di
dalam mengajarnya maka siswa akan memilild self- efficacy yang tinggi. Sebaliknya bila
Guru tersebut dipersepsikan tidak efektif maka self- efficacy siswa rendah.
Saran b^i penelitian selanjutnya adalah di dalam penggunaan sampel penelitian
dari sekolah lain, dengan Guru yang berbeda maka akan terlihat perbedaan di dalam
persepsi siswa terhadap efektifitas Guru yang berhubungan dengan self- efficacy.

 File Digital: 1

Shelf
 S2862-Gagan Ganda Mulya.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S2862
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2003
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 91 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S2862 14-19-244932028 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20287013
Cover