UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan keterampilan berpikir kritis dengan disposisi berpikir kritis pada mahasiswa Universitas Indonesia

Lenny Junyanty; Bagus Takwin, supervisor ([Publisher not identified] , 2005)

 Abstrak

ABSTRAK
Tantangan di abad ke-21 yang dicirikan dengan perubahan yang kian
kompleks dan cepat membutuhkan orang-orang dengan kemampuan berpikir yang
baik, Jika berbicara tentang mengembangkan kemampuan berpikir yang baik,
maka pengembangan berpikir kritis dapat menjadi salah satu kuncinya. Hal itu
terutama diharapkan menjadi sasaran dari pendidikan, utamanya pendidikan
tinggi. Dapat dikatakan bahwa pendidikan hendaknya menghasilkan pemikir
kritis, yang tidak hanya memiliki kemampuan atau keterampilan untuk melakukan
berpikir kritis namun juga berkemauan untuk memilih berpikir dengan cara yang
demikian. Jadi, tidak hanya keterampilan berpikir kritis namun juga kemauan atau
yang dalam hal ini disposisi dari berpikir kritis juga penting untuk dikembangkan.
Selama ini pengembangan yang ada lebih menekankan pada keterampilan
daripada disposisi. Eksplorasi empiris tentang disposisi berpikir kritis dan hal-hal
lain yang berkaitan dengan disposisi berpikir kritis masih terbatas sehingga tidak
aneh jika hubungan antara keterampilan dan disposisi berpikir kritis ini pun belum
tegak secara konseptual. Memang sudah ada beberapa asumsi mengenai
keberadaan hubungan antara kedua hal tersebut, namun demikian asumsi yang ada
berlawanan. Ada yang menyatakan bahwa terdapat hubungan korelasional antara
keterampilan dan disposisi berpikir kritis dan ada yang menyatakan bahwa tidak
ada hubungan antara kedua hal tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini beitujuan
untuk melakukan uji empiris akan hubungan kedua hal tersebut. Penelitian ini
dilakukan pada mahasiswa Universitas Indonesia (Ul), sehingga gambaran kasar
mengenai keterampilan dan disposisi berpikir kritis mahasiswa Indonesia dapat
diperoleh. Dari gambaran ini diharapkan juga dapat memberi masukan kepada
pihak universitas dan fakultas mengenai keterampilan dan disposisi berpikir ^tis
mahasiswanya.
Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan sampel penelitian
sebanyak 77 mahasiswa Ul yang terdiri dari 22 orang berasal dari Fakultas
Ekonomi, 16 orang dari Fakultas Teknik, 5 orang dari Fakultas MlPA, 7 orang
dari Fakultas llmu Budaya, 22 orang dari Fakultas Psikologi, dan 5 orang dari Fakultas Ilmu Komputer. Alat ukur keterampilan berpikir kritis dibuat dengan
mengadaptasi Cornell Critical Thinking Test Level X dan alat ukur disposisi
berpikir kritis yang berupa inventori kepribadian yang dikonstruksi sendiri oleh
peneliti.
Hasii penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara
keterampilan berpikir kritis dengan disposisi berpikir kritis. Hal itu berimplikasi
pada paradigma yang digunakan untuk membina keterampilan berpikir kritis dan
disposisi berpikir kritis dalam pendidikan. Karena tidak ada hubungan
korelasional antar kedua hal, maka pembinaan pada salah satu hal tidak akan
berkontribusi langsung pada kemajuan hal lainnya.
Secara umum, keterampilan berpikir kritis dan disposisi berpikir kritis
mahasiswa UI adalah di atas rata-rata rentangan skor tes yang mungkin muncul.
Dalam perbandingan skor keterampilan berpikir kritis dan disposisi berpikir kritis
mahasiswa tiap-tiap fakultas yang menjadi sampel penelitian, ditemukan bahwa
Fakultas Ekonomi dan Fakultas Psikologi berada di atas skor rata-rata mahasiswa
UI secara umum. Namun pada keterampilan berpikir kritis, skor rata-rata fakultas
tertinggi diperoleh oleh Fakultas Ekonomi dan yang terendah adalah Fakultas
Ilmu Budaya. Pada disposisi berpikir kritis, skor rata-rata fakultas tertinggi
diperoleh oleh Fakultas Psikologi dan yang terendah adalah Fakultas Ilmu
Komputer.

 File Digital: 1

Shelf
 S2877-Lenny Junyanty.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S2877
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2005
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 66 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S2877 14-19-893974568 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20287028
Cover