UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Stereotipe gender dalam buku bacaan anak

Irma Sriwulandari Martam; Hera Lestari, supervisor; Mayke Sugianto Tedjasaputra, supervisor (Universitas Indonesia, 1994)

 Abstrak

Bermula dari kenyataan bahwa sampai saat ini stereotipe gender masih dijadikan kerangka dalam membedakan laki-laki dan perempuan. Ingin dilihat apakah buku bacaan anak, sebagai salah satu agen sosialisasi masih mengandung stereotipe gender. Perkembangan stereotipe gender akan dibahas dengan acuan teori skema gender. Obyek penelitian ini adalah 30 buah buku bacaan yang disukai anak usfa pra sekolah dan 30 buah buku bacaan yang disukai anak usia sekolah di Jakarta. Menggunakan accidental sarhpling. Metode yang digunakan adalah metode analisis isi, dengan alat ukur berupa matriks kategori isi. Analisis isi dilakukan oleh dua orang pengkode untuk menguji reliabilitas hasil.
Hasil yang didapat diolah dengan metode analisis koresponden dan uji signifikansi perbedaan proporsi dari dap kategori isi. Hasil penelidan menunjukkan bahwa buku-buku bacaan anak usia pra sekolah dan usia sekolah di Jakarta masih mcngandung stcreodpe gender, laki-laki digambarkan memiliki stereodpe maskulin dan perempuan memiliki stcreodpe feminin. Namun ada sebagian kecil buku bacaan anak usia pra sekolah dan usia sekolah yang ddak mcngandung stereodpe gender tertentu. Saran untuk penelidan selanjutnya agar dilakukan penelidan yang sama dengan menggunakan sampel yang random dengan jenis bacaan yang lebih bervariasi. Buku bacaan yang dijadikan sampel penelidan ternyata merupakan saduran dan terjemahan dari cerita-cerita luar negeri, disarankan untuk melakukan penelidan serupa terhadap cerita anak-anak yang berasal dari Indonesia.

 File Digital: 1

Shelf
 S2931-Irma Sriwulandari Martam.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S2931
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 1994
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : ix, 70 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S2931 14-19-441630793 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20287083
Cover