ABSTRAKBerbagai faktor dapat menjadi sumber stres seorang mahasiswa. Mahasiswa
yang berasal dari daerah memiliki lingkungan budaya yang berbeda dan mereka
dituntut untuk berusaha menyesuaikan diri secara efektif terhadap lingkungan
dan kondisi baru. Selain itu sebagai mahasiswa tahun pertama, mereka berada
dalam usia yang sudah memasuki masa dewasa-awal dan sedang dalam periode
transisi dari masa remajanya memasuki masa dewasa. Bagi mereka yang
kemampuan penyesuaian dirinya rendah, kondisi-kondisi semacam ini bisa
menjadi sumber stres bagi mereka.
Tujuan penelitian ini ialah untuk menemukan apa saja yang dinilai sebagai
stresor oleh mahasiswa UI angkatan ?96 yang berasal dari daerah dan melihat
bagaimana peringkat stresor-stresor tersebut secara keseluruhan serta
perbedaannya antara mahasiswa pria dan wanita. Penelitian ini merupakan jenis
penelitan deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan memakai
alat ukur berupa kuesioner.
Stresor-stresor utama yang dirasakan oleh mahasiswa, pria dan wanita,
merupakan masalah akademis. Peringkat I ialuh takut mendapat IP jelek, peringkat
II takut terhadap ancaman DO. Stresor-stresor yang dinilai paling tidak
menimbulkan stres (peringkat terbawah) bagi mereka ialah ?penyesuaian diri
terhadap cuaca di Depok? dan ?merasa takut tingal di perantauan'. Secara
keseluruhan, dengan melihat hasil perhitungan t-test nilai rata-rata total, stres
yang dirasakan oleh pria dan wanita tidak berbeda secara signifikan. Hasil
perhitungan statistik masing-masing stresor antara pria dan wanita
memperlihatkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada stresor ?materi
pelajaran berbeda dengan pelajaran SMA?, ?waktu belajar tersita untuk bermain?
dan ?merasa kesepian di tempat tinggalnya sekarang'.
Penelitian lanjutan diperlukan untuk Iebih mendalami proses timbulnya
stres, khususnya mengapa kondisi-kondisi tertentu dinilai sebagai stresor dan
kondisi-kondisi lain tidak. Berkaitan dengan itu, bisa diteliti lebih jauh lagi faktor-
faktor kepribadian apa yang berperan dalam proses penilaian sires. Untuk itu,
sebaiknya dilakukan penelitian dengan metode pengambilan data berupa
wawancara mendalam atau penelitian yang bersifat kualitatif.