UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perkembangan tingkah laku agresif dan pola asuh orang tua pada remaja pria pelaku tindak pembunuhan

Fitri Wannahari; Judiawati E. Markum, supervisor ([Publisher not identified] , 2000)

 Abstrak

ABSTRAK
Meningkatnya berbagai bentuk tingkah laku agresif yang dilakukan oleh remaja dalam bentuk tawuran, menodong, malak, membajak bus kota bahkan membunuh orang lain mendorong peneliti untuk melakukan penelitian mengenai tingkah laku agresif remaja tersebut.
Beberapa bentuk tingkah laku agresif yang dilakukan pada masa anak-anak, yang ditemukan dari berbagi literatur, menjadi acuan untuk melihat bagaimana perkembangan tingkah laku agresif dan pola asuh orangtua pada remaja pria yang melakukan tindak pembunuhan.
Sikap permisif dan otoriter yang sering ditampilkan oleh orangtua dalam menghadapi berbagai bentuk tingkah laku agresif yang dilakukan oleh anak mereka memancing keingintahuan penulis untuk melihat kontribusi sikap permisif atau sikap otoriter tersebut dalam berkembangnya tingkah laku agresif dalam diri anak. Selain pola asuh, faktor sosial belajar yang dilakukan oleh anak terhadap model tertentu serta frustasi yang dialami oleh anak diduga berhubungan erat dengan berkembangnya tingkah laku agresif anak lebih lanjut.
Penelitian ini akan menjawab dua pertanyaan; pertama, bagaimanakah perkembangan agresivitas yang terjadi pada diri remaja pria yang melakukan tindak pembunuhan?; dan yang kedua bagaimanakah bentuk pola asuh yang diterima oleh remaja pria yang melakukan tindak pembunuhan?
Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengambil kasus terhadap subyek yang melakukan pembunuhan. Subyek, tiga orang, ditemui di LP Anak dan Remaja Pria Tangerang setelah menempuh prosedur sebagaimana yang telah ditentukan. Wawancara mendalam dan observasi peneliti lakukan kepada subyek dan orangtuanya untuk mendapatkan berbagai data guna menjawab pertanyaan penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukan atau menginformasikan mengenai perkembangan tingkah laku agresif pada remaja pria yang melakukan tindak pembunuhan. Hasil penelitian ini juga memberikan informasi mengenai peranan pola asuh orangtua, dalam hal ini permisif dan otoriter, dalam perkembangan tingkah laku agresif anak.

 File Digital: 1

Shelf
 S2987-Fithri Wannahari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S2987
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2000
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 163 pages : illustration ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S2987 14-19-600629371 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20287138
Cover