UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan antara self efficacy dengan goal orientation pada Guru Sekolah Minggu

Siburian, Horas Ertoios; Soetarlinah Soekadji, supervisor ([Publisher not identified] , 2001)

 Abstrak

ABSTRAK
Pendidikan moral religius sejak masa kanak-kanak diharapkan bisa membentuk suatu
generasi yang bermoral dan bertingkah laku baik. Institusi keagamaan berperan dalam
menanamkan nilai-nilai moral religius tersebut seperti halnya gereja melalui Sekolah
Minggu. Proses belajar mengajar dalam Sekolah Minggu diserahkan pada guru-guru
Sekolah Minggu. Sebagai komponen vital dalam Sekolah Minggu, guru-guru Sekolah
Minggu memiliki pengaruh langsung terhadap hasil belajar dan minat murid-murid.
Pengaruh tersebut dapat berupa pengaruh goal orientation guru yang menentukan cara
guru melakukan pendekatan dan melaksanakan aktivitas mengajar. Tujuan yang
ditetapkan guru dalam mengajar, apakah itu penekanan terhadap proses mengajar (task
involved) atau penekanan terhadap hasil (ego involved) akan menunjukkan bagaimana
perhatian guru terhadap tugasnya, usaha yang dilakukan dalam mengajar, daya tahan
guru dalam mencapai tujuan pengajaran, dan strategi pengajaran yang digunakan.
Guru-guru Sekolah Minggu ini merupakan individu-individu yang mengabdikan diri
secara sukarela tanpa imbalan. Guru-guru tersebut bebas berhenti kapan saja mereka
inginkan terutama jika mereka menilai kemampuan dirinya tidak memadai untuk
menjadi guru Sekolah Minggu. Karena tidak adanya sesuatu yang mengikat mereka
maka menarik untuk ditelaah hal yang menyebabkan guru-guru tersebut mau bertahan
dan meluangkan waktu menjadi guru Sekolah Minggu. Penulis berpendapat bahwa
faktor yang menyebabkan guru-guru tersebut bersedia dan bertahan menjadi guru
Sekolah Minggu antara lain karena mereka memiliki self efficacy, yaitu penilaian atau
keyakinan seseorang terhadap kemampuannya untuk melakukan suatu tingkah laku
berkaitan dengan situasi tertentu dalam mencapai suatu tujuan, yang cukup tinggi.
Guru-guru tersebut menilai kemampuan yang dimiliki cukup memadai untuk mengajar
di Sekolah Minggu. Hal ini memicu motivasi untuk menjadi guru Sekolah Minggu.
Penelitian ini bermaksud untuk menemukan hubungan antara self efficacy dengan goal
orientation. Self efficacy dan goal orientation adalah faktor-faktor yang
mempengaruhi motivasi guru, kinerja guru, situasi yang ingin dihadapi atau dihindari,
serta daya tahan guru dalam menghadapi masalah saat mengajar. Goal orientation
memiliki beberapa karakteristik yang juga dimiliki self efficacy. Dengan demikian,
penulis berpendapat bahwa ada kemungkinan hubungan di antara keduanya.
Aspek-aspek goal orientation yang digunakan dalam penelitian ini adalah aspek-aspek
yang digunakan dalam penelitian Ames dan Archer (1988). Self efficacy dan goal
orientation pada guru Sekolah Minggu diukur dengan menggunakan Skala Teacher
Efficacy (Woolfolk & Hoy, 1990) dan Skala Goal Orientation (Ames & Archer, 1988). Analisa instrumen menggunakan coefficient alpha dan corrected Hem
correlation. Analisis data menggunakan korelasi Pearson Product Moment untuk
melihat hubungan antara self efficacy dengan goal orientation. Analisis hasil tambahan
menggunakan Hotelling untuk melihat perbedaan correlated coefficient antara masingmasing
korelasi, t-test untuk melihat signifikansi perbedaan task involved dengan ego
involved, cmova one way untuk mengetahui perbedaan self efficacy dan goal
orientation pada guru dengan tingkat pendidikan berbeda, dan F test untuk melihat
signifikansi perbedaannya. Proses perhitungan semua dilakukan oleh SPSS for
Windows 6.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan
antara self efficacy dan orientasi task involved pada guru Sekolah Minggu. Hasil
penelitian juga menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self
efficacy dengan orientasi ego involved pada guru Sekolah Minggu. Terdapat juga
hubungan yang positif dan signifikan antara orientasi task involved dengan orientasi
ego involved pada guru Sekolah Minggu. Melalui t-test diketahui bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan antara orientasi task involved dengan orientasi ego involved.
Orientasi task involved menunjukkan skor rata-rata yang lebih baik. Melalui t-test
Hotelling untuk correlated coefficient diketahui bahwa korelasi self efficacy dengan
task involved tidak signifikan menunjukkan hubungan yang lebih kuat dari pada
korelasi self efficacy dengan ego involved. Melalui anova one way dan F test diketahui
bahwa guru dengan tingkat pendidikan terakhir sarjana memiliki tingkat self efficacy
dan ego involved yang lebih tinggi secara signifikan.
Disarankan dalam penelitian lanjutan terhadap self efficacy dan goal orientation,
pencarian kecenderungan goal orientation pada individu dengan tingkat self efficacy
tertentu mendapat perhatian khusus. Selain itu perlu dilakukan analisis mendalam baik
secara kualitatif maupun kuantitatif untuk mengetahui adanya kemungkinan pengaruh
self efficacy terhadap goal orientation yang mengakibatkan terjadinya hubungan di
antara keduanya. Kemudian yang perlu dilakukan adalah untuk meneliti kemungkinan
korelasi negatif dan signifikan antara usia dan lama mengajar dengan orientasi task
involved. Hal lain yang perlu dilakukan adalah penelitian tentang faktor-faktor
pembentuk self efficacy dan hubungannya dengan goal orientation.

 File Digital: 1

Shelf
 S3016-Horas Ertoios Siburian.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S3016
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2001
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : ix, 83 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S3016 14-19-430465067 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20287167
Cover