UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan antara jenis orientasi tujuan akademik dengan persepsi terhadap pola asuh pada siswa peserta kursus mental aritmetika

Arnanti fajariani; Soetarlinah Soekadji, supervisor ([Publisher not identified] , 2001)

 Abstrak

ABSTRAK
Keberhasilan seseorang dalam pendidikan dipengaruhi salah satunya melalui
motivasi seseorang dalam mengikuti kegiatan pendidikan. Motivasi ini bisa berupa
keinginan untuk bisa memahami dan mengerti pelajaran yang diberikan, yang
sering disebut dengan task-involved goal, dan bisa juga bernpa keinginan untuk
tampil baik dan mendapatkan penghargaan dari orang lain, yang disebut juga
dengan ego-involved goal. Motivasi ini muncul pula dalam kegiatan pendidikan
nonformal yang salah satunya berupa kursus mental aritmatika. Banyak faktor yang
menyebabkan munculnya salah satu dari motivasi di atas, salah satunya adalah
faktor pola asuh orangtua. Maka diadakanlah penelitian ini untuk melihat apakah
ada hubungan antara jenis orientasi tujuan akademik peserta kursus sempoa
dengan persepsi mereka terhadap pola asuh yang mereka terima dan hendak diteliti
pula pola asuh mana yang lebih erat hubungannya dengan salah satu motivasi yang
dimiliki peserta kursus sempoa.
Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan 2 kuesioner yang
mengukur orientasi tujuan dan persepsi terhadap pola asuh orangtua. Teknik
pengambilan sampel adalah accidental sampling. Jumlah subyek 34 orang dengan
rentang usia 6-12 tahun yang semuanya adalah peserta kursus Yayasan Aritmatika
Indonesia cabang Plumpang. Setelah semua data didapat dilakukan uji
homogenitas item. Uji hipotesa lalu dilakukan menggunakan item-item yang
dipertahankan yang berupa item-item dari kuesioner yang akan menaikkan
reliabilitas bila dihilangkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ego-involved memiliki hubungan yang positif
dengan persepsi terhadap pola asuh autoritarian pada peserta kursus sempoa.
Sementara task-involved tidak memiliki hubungan yang positif dengan persepsi
terhadap pola asuh autoritatif dan permisif pada peserta kursus sempoa.
Bisa disimpulkan lebih lanjut bahwa persepsi terhadap pola asuh jenis apapun akan
berhubungan secara positif dengan ego-involved goal dan task-involved goal tidak
berhubungan secara positif dengan persepsi terhadap satu jenis pola asuh pun
pada peserta kursus mental aritmatika. Disarankan kepada orangtua untuk lebih
memahami kebutuhan anaknya akan pendidikan nonformal, dalam hal ini kursus mental aritmatika, jangan menuntut mereka terlalu banyak. Hal ini dikarenakan anak
akan memunculkan ego-involved goal sehingga pemahaman mereka tentang hal
yang diajarkan menjadi dangkal dan uang yang dikeluarkan akan menjadi sia-sia.
Disarankan pula kepada tempat kursus untuk menciptkan iklim kelas yang
memunculkan task-involved goal. Akan tetapi hasil ini hanya spesifik pada sampel
penelitian ini saja dan untuk generalisasi membutuhkan jumlah sampel yang lebih
besar dengan rentang usia yang lebih spesifik atau lebih seimbang. Selain itu, perlu
diadakan perbaikan pada kuesioner yang diberikan, seperti pemilihan kata yang
lebih tepat dan lebih mudah dipahami oleh subyek.

 File Digital: 1

Shelf
 S3023-Arnanti Fajariani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S3023
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2001
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 65 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S3023 14-19-628435150 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20287174
Cover