UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Ekspresi emosi cemburu pada etnik Jawa dan etnik Batak

Victor Kristanto; Zainul B. Biran, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Emosi adalah reaksi subyektif individu terhadap peristiwa-peristiwa yang terjadi di luar tubuh, yang disertai perubahan fisiologis maupun perubahan tingkah laku (Papalia, Olds dan Feldman, 2001). Perubahan fisiologis dan perubahan tingkah laku tersebut memberikan informasi pengalaman emosi yang dialaminya ke individu lain. Menurut Wittig dan William (1984), emosi dapat digolongkan menjadi emosi dasar dan emosi kompleks. Salah satu contoh emosi kompleks adalah cemburu.
Cemburu adalah keadaan emosi yang dirangsang oleh adanya ancaman terhadap hubungan yang dihargai. (Buss, et al., 1992). Ancaman tersebut terjadi karena adanya keterlibatan pasangan dengan pihak lain. Keterlibatan pasangan dengan pihak lain dapat berupa potensial, aktual, ataupun sekedar bayangan. Keadaan emosi ini juga memotivasi tingkah laku yang ditujukan untuk mengatasi ancaman tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan ekspresi emosi cemburu etnis Batak dengan etnis Jawa. Etnis Batak dipilih karena ketika ada konflik, mereka lebih suka menghadapinya secara langsung, bukan menghindarinya Toba (Harahap dan Siahaan, 1987). Sedangkan etnis Jawa menganut prinsip kerukunan. Etnis Jawa lebih suka menghindari konflik demi tercapainya kerukunan (Hildred Geertz, 2001).
Subyek penelitian adalah individu dewasa muda berusia antara 20-30 tahun, beretnis Jawa atau Batak, dan pernah atau sedang berpacaran. Penelitian ini merupakan studi kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai alat ukur. Kuesioner berisi tiga pertanyaan terbuka. Jawaban subyek dikategorisasikan kemudian diolah secara statistik dengan menggunakan tehnik chi square.
Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara etnis Jawa dan etnis Batak dalam mengekspresikan emosi cemburu. Dengan demikian kesimpulan yang diperoleh dari penelitiian ini adalah bahwa ada perbedaan yang signifikan antara etnis Jawa dan etnis Batak dalam mengekspresikan emosi cemburu.
Bagi penelitian selanjutnya juga dilakukan metode observasi dan disamping metode kuantitatif untuk dapat memperoleh gambaran yang lebih mendalam mengenai ekspresi emosi cemburu antar etnis. Selain itu, dapat juga dilakukan penelitian perbandingan antar kelompok usia yang berbeda, atau status hubungan yang berbeda, maupun lama berpacaran yang berbeda.

 File Digital: 1

Shelf
 S3208-Victor Kristanto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S3208
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : ix, 91 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S3208 14-19-145537612 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20287354
Cover