UI - Skripsi (Membership) :: Kembali

UI - Skripsi (Membership) :: Kembali

Konstruksi alat ukur penilaian tingkah lkau Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) pada anak usia 8-9 tahun (Sebuah alat bantu diagnosis awal ADHD bagi non profesional)

Windarti; Anggadewi Moesono, supervisor ([Publisher not identified] , 2004)
 Abstrak
ABSTRAK
Gangguan Altention-Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah
gangguan perilaku yang berhubungan dengan kurangnya perhatian
(inattentiveness), hiperaktivitas-impulsivitas, atau kombinasi dari keduanya.
American Psychiatric Association mengatakan bahwa tiga sampai lima persen
anak usia sekolah di Amerika menderita ADHD. Jika jumlah anak usia sekolah
dengan ADHD di Indonesia sama dengan jumlah penderita di Amerika, maka
kemungkinan besar saat ini terdapat 2,13 - 3,55 juta anak usia sekolah di
Indonesia yang menderita ADHD. Jumlah yang sangat besar ini menunjukkan
bahwa ADHD patut mendapat perhatian yang besar.
Masalah pertama yang perlu diperhatikan sebelum kita dapat melakukan
penanganan lebih lanjut adalah bagaimana kita dapat mengenali anak-anak ADHD
di antara anak-anak lain. Dalam skripsi ini, peneliti membuat suatu alat ukur
penilaian tingkah laku ADHD yang dapat digunakan oleh orang awam, khususnya
orangtua dan guru anak usia 6-9 tahun, sebagai pihak yang paling banyak
berinteraksi dan mengikuti perkembangan anak. Alat ukur yang akan dibuat
ditujukan untuk menyediakan informasi awal mengenai kelainan perilaku seorang
anak untuk ditindaklanjuti dengan diagnosa yang lebih mendalam oleh ahli di
bidang ini, seperti psikolog. Selain itu, alat ukur ini diharapkan menjadi alat bantu
bagi orang awam khususnya orangtua dan guru dalam mengenali gejala awal dari
ADHD sehingga penanganan sejak dini dapat segera diberikan kepada anak.
Penelitian ini akan melakukan uji validitas, reliabilitas, dan analisis item,
untuk mengetahui apakah alat ukur tersebut baik untuk digunakan. Sedangkan
norma dalam penelitian ini tidak dibuat karena penelitian ini adalah penelitian
awal konstruksi tes dan tidak bertujuan untuk mendapatkan norma Subjek dalam
penelitian ini diambil dengan metode pnrposive sampling, terdiri dari 30 orangtua
dan 30 guru dari anak ADHD yang berusia 6-9 tahun, dan 30 orangtua serta 30
guru dari kelompok pembanding untuk keperluan uji criterion-prediction
validation. Uji validitas juga dilakukan dengan uji construct validity. Reliabilitas
alat diukur dengan menggunakan rumus Koefisien Alpha. Sedangkan analisis item
dilakukan dengan menghitung korelasi item dengan skor total tes dan menghitung
perbedaan skor subjek dengan dengan kelompok pembanding sebagai kriteria
eksternal.
Hasil penelitian menunjukkan adanya beberapa item yang perlu diteliti
lebih lanjut yaitu item 10, 22, 35, 40, 49, dan 50. Perhitungan t-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara skor item hasil penilaian orang tua
maupun guru anak ADHD dengan skor item hasil penilaian pada kelompok
pembanding. Uji validitas menunjukkan bahwa alat ukur tersebut mampu
membedakan antara anak ADHD dengan kelompok pembandingnya. Selain itu,
item-itemnya memiliki korelasi yang signifikan dengan skor total. Reliabilitas alat
ukur juga tergolong tinggi, yaitu 0,967 jika penilaian dilakukan oleh orangtua dan
0,9549 jika penilaian dilakukan oleh guru. Hasil perhitungan tambahan
menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara skor hasil
penilaian guru dengan skor hasil penilaian orangtua. Berdasarkan hasil-hasil
tersebut, dapat disimpulkan bahwa alat ukur penilaian tingkah laku ADHD pada
anak usia 6-9 tahun yang diuji dalam penelitian ini valid dan reliabel serta layak
untuk digunakan untuk memperoleh informasi awal tentang gangguan perilaku
pada anak usia 6-9 tahun yang menunjukkan gejala-gejala ADHD.
 File Digital: 1
Shelf
 S3333-Windarti.pdf ::

Catatan : Menu Anggota

 Metadata
No. Panggil : S3333
Nama orang :
Nama orang tambahan :
Nama badan tambahan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2004
Program Studi :
Kode Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : vii, 81 pages ; 28 cm + appendix
Catatan Bibliografi : pages 79-81
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S3333 14-19-256313490 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20287476