ABSTRAKPenelitian ini didasarkan pada pengalaman pribadi bahwa kondektur bis
antar kota Jakarta Bandung kurang perilaku menolongnya. Pengaruh kehidupan di
kota besar yang padat dapat menyebabkan timbulnya sikap acuh sehingga perilaku
menolong akan berkurang. Kondektur bus yang singgah di kota besar tentu juga akan
terpengaruh gejala tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kecenderungan tentang
perilaku menolong kondektur bus antar kota yang melayani angkutan trayek Jakarta
Bandung. Masalah penelitian ini adalah seberapa besar perilaku menolong kondektur
bus antar kota jakarta Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian
kuantitatif non eksperimental. Pengukuan perilaku menolong dilakukan dengan
kuesioner perilaku menolong yang dibuat sendiri oleh peneliti berdasarkan teori
Decision model of helping dari Latane & Darley (1970). Subyek yang menjadi
responden dalam penelitian ini adalah 68 orang kondektur bus antar kota Jakarta
Bandung.
Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa rata-rata
kecenderungan perilaku menolong tergolong tinggi. Sehingga secara keseluruhan
dapat diketahui bahwa kecenderungan perilaku menolong kondektur bus antar kota
yang melayani angkutan trayek Jakarta Bandung berada pada tingkat yang tinggi.
Saran untuk penelitian lebih lanjut adalah dilakukannya studi kualitatif pada subyeksubyek
yang mempunyai karakteristik khusus seperti tipe kepribadian sehingga dapat
diperoleh gambaran lebih mendalam mengenai kecenderungan periiaku menolong
pada subyek-subyek tersebut.