UI - Laporan Penelitian :: Kembali

UI - Laporan Penelitian :: Kembali

Manajemen pemeliharaan pada hotel berbintang 5 di bandung dan pengaruhnya terhadap jumlah personel Departemen Pemeliharaan

M. Dachyar, promotor; (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996)

 Abstrak

Dewasa ini dirasakan dunia pariwisata semakin bertambah ramai. Perkembangan ini juga diikuti dengan semakin banyaknya jumlah hotel yang ada. Hotel baru maupun hotel lama bersama-sama bersaing merebut wisatawan yang datang. Persaingan ini memaksa pihak hotel untuk meningkatkan pelayanannya.
Salah satu upaya dalam meningkatkan pelayanan kepada tamu hotel adalah dengan pcngelolaan yang Iebih baik pada seluruh fasilitas hotel. Dengan pengelolaan yang baik akan menghasilkan kepuasan pada tamu dan meningkatkan citra hotel itu sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan jadwal pemeliharaan pada peralatan mekanis dan elektmis yang hotel Seperti diketahui bahwa dengan pemeliharaan yang baik, peralatan akan selalu berada pada kondisi yang baik, sehingga penggunaannya dapat menjadi optimal. Jadwal yang ada tentunya perlu didukung oleh sumber daya yang memadai, karena im selain perencanaan jadwal pemeliharaan pencegahan pada peralatan, direncanakan juga sejumlah sumber daya schingga jadwal tersebut dapat dijalankan dengan baik.
Dari pengaturan jadwal kerja pemeliharaan ini telah dihasilkan beban kerja yang cukup merata pada setiap minggunya selarna satu tahun. Dengan kondisi ini diharapkan seluruh peralatan dapat terpelihara dengan baik. Kebutuhan pekerja untuk peralatan delapan orang, alokasi pekerja pada jadwal pekerjaan yang disusun membuktikan jurmlah ini cukup balk dan memenuhi batasan Program pemeliharaan dapat lebih dikontrol dengan memperhitungkan cuti tahunan selama dua minggu untuk masing-masing pekerja. Dari grafik presentase beban kerja pemeliharaan diketahui peralatan yang membutuhkan kerja pemeliharaan terbesar adalah sistem I8t8 udara, dan yang terkecil adalah pemeliharaan lampu.

 File Digital: 1

Shelf
 LP-M. dachyar.pdf :: Unduh

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Laporan Penelitian
No. Panggil : LP-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
Sumber Pengatalogan LibUI ind rda
Tipe Konten text
Tipe Media computer
Tipe Carrier online resource
Deskripsi Fisik 26 hlm.:il.;28 cm
Lembaga Pemilik Universitas Indonesia
Lokasi Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
LP-pdf 09-20-492988870 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20287928
Cover