Jembatan berbentang panjang terasa makin dibutuhkan di Indonesia
akhir-akhir ini, untuk menunjang kebutuhan peningkatan prasarana
transportasi yang demikian pesatnya didalam laju pembangunan
nasional. Dalam makalah ini disampaikan perkembangan sejarah
penggunaan beton untuk jembatan berbentang panjaug, yang berkem-
bang pesat terutama berkat keberhasilan sistem beton pratekan.
Selanjutnya disanpaikan .keuntungan jembatan .berbentang' panjang
dengan sistem kantilever dan cable stayed, suatu sistem teknologi
modern untuk jembatan berbentang panjang, terutama untuk lokasi
pelaksanaan yang relatif sulit. Seiring dengan meningkatnya tek-
nologi beton, jembatan dengan sistem kantilever dan cable stayed
dapat merupakan suatu pilihan ekonomis untuk jembatan dengan
panjang bentang sampai 400 meter, dan 1000 meter bila dikombina-
sikan dengan baja. Sebagai studi kasus, disampaikan pula rencana
jembatan cable stayed Cisadane - Bumi Serpong Damai di Serpong
Jawa Barat.