UI - Laporan Penelitian :: Kembali

UI - Laporan Penelitian :: Kembali

Sekitar permukiman vernakular : suatu catatan

Gunawan Tjahjono; (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000)

 Abstrak

ABSTRAK
Pemukiman vernakular bertahan melampaui berbagai zaman yang penuh dengan perubahan teknologi, sosial, ekonomi. Jenis pemukiman ini menjadi komponen permukiman terbesar di negara-negara berkembang. Meski kehadiran mereka menarik perhatian para pakar sehingga ingin mempelajarinya, istilah venakuler selalu berada dalam posisi yang kurang bergema bila dibandingkan dengan pembangunan bergaya tinggi. Pemukiman verkuler sering diasosiasikan dengan primitif, miskin, dan tanpa pencipta. Mungkin pengkaji masalah vernakuler terlalu romatisasikan kenyataan fisik dan mengabaikan aspek tak teraga fenomena ini. Hal ini membuka suatu kesempatan untuk menjual citra vernakuler ke industri turisme dan menimbulkan masalah kontekstual dan makna tradisi kebudaannya.
Tulisan ini membahas mengenai masalah di sekitar permukiman vernakuler dalam beraneka konteks fisik dan sosial. Ia mencoba menjernihkan kerangka konsep yang timbul dalam telaahan permukiman vernakular untuk kemudian menyediakan pandangan lain tentang jenis kehidupan komunal yang tertua di dunia ini.
Untuk melakukan hal tersebut, penulis perlu meninjau gejala ini dari (sebagai orang) dalam dan dari luar. Pandangan dari luar sering memulai dengan suatu konsep awal dan meninjau gejalanya, sementara itu, pandangan dari dalam menampilkan harapan masyarakat yang menghasilkan jenis permukimannya. Berdasarkan pengamatan atas beberapa lokasi permukiman verkular ada indikasi kuat bahwa generasi mudanya telah siap merubah keadaan mereka, tetapi generasi tua masih ingin mempertahankan keadaan seperti apa adanya. Sikap-sikap demikian mungkin membuat permukiman jenis ini tidak berkembang dan cenderung tidak terurus. Hal ini juga dapat berkonsekuensi lebih jauh dengan gejala semakin terpunahnya pengetahuan tradisi lisan yang bernilai dalam waktu dekat. Dengan perubahan sebagai sesuatu yang tak terhindarkan dalam zaman informasi ini, suatu pandangan inklusive mungkin dapat menyiapkan tindakan-tindakan tepat untuk mengembangkan jenis permukiman ini.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Laporan Penelitian
No. Panggil : LP-pdf
Entri utama-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
Sumber Pengatalogan LibUI ind rda
Tipe Konten text
Tipe Media computer
Tipe Carrier online resource
Deskripsi Fisik 18 pages
Lembaga Pemilik Universitas Indonesia
Lokasi Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
LP-pdf 09-19-304456188 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20288621
Cover