UI - Laporan Penelitian :: Kembali

UI - Laporan Penelitian :: Kembali

Usulan integrasi pembuatan dokumen ISO 9002 dan ISO 14001

Teuku Yuri M. Zagloel; Ryantara (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001)

 Abstrak

Persaingan yang semakin tinggi di dunia usaha menuntut perusahaan harus selalu memberikan yang terbaik bagi konsumen. Apabila dulu konsumen hanya mempertimbangkan mutu dari produk saja, kini faktor lingkungan pun ikut menjadi tuntutan konsumen. Sertifikasi ISO merupakan sistem manajemen fonnal yang telah dialrui oleh dunia internasional ISO 9000 merupakan sistem manajemen mutu, sedangkan ISO 14000 merupakan sistem manajemen lingkungan. Dalam rangka meningkatkan daya saing banyak perusahaan yang ingin mendapatkan sertifikasi ISO 9000 dan ISO 14000 sekaligus, untuk itu jumlah prustriur dan dokumen yang dibuatkan jumlahnya sangat banyak kondisi ini membuat diperiukan adanya suatu proses pembuatan dokumen ISO yang terintegrasi.
Penelitian ini bertnjuan untuk membuat suatu proses pembuatan dokumen ISO yang terintegrasi dengan cam melakukan reengineering terhadap proses pembuatan dokumen yang lama. Metodologi reengineering yang digunakan dalam laporan ini adalah metodologi reerzgineering dari Lon Roberts, dengan menggunakan bantuan analisa SW + IH dan matriks korelasi Analisa 5W + IH dilakukan pada elem
Usulan integrasi pembuatan dokumen ISO 9002 dan ISO 1400I yang penulis buat dilakukan dengan cara mengelompokkan semua elemen ISO yang ada menjadi tujuh kelompok, yaitu : Kebijakan Manajemen, Perencanaan, lnaplementasi dan Operasi, Pemarrtauan dan Perbaikan, Pengendalian Data dan Rekaman, Pelatihan, dan Audit. Dari tujuh bagian tersebat ada lima bagian yang pengerjaan dokumennya bisa dilakukan secara integrasi. yaitu : Kebijakan Manajemen, Implementasi dan Operasi, Pengendalian Data dan Rekaman, Pelatihan, dan Audit.

High competition in the business world force company to always give the best to the consumer. If in the past, the consumer only consider the quality product, now they also consider the environmental factor. ISO certification is a management system that has acquired by the world. ISO 9000 is Quality Management System and ISO 14000 is Environmental Management System. Many company want to achieve both ISO 9000 and 14000, which is required many documents/procedures.
The goal of this research is to make a proposed of ISO document development, by reengineer the old process. This report use Lon Roberts's reengineering methodology with 5W+1H analysis, then show the result in the correlation matrix.
The proposed of ISO document development grouping all the ISO element into seven group: Management Policy, Planning, Implementation and Operation, Monitoring and Corrective, Data and Record Control, Training, and Audit. We can integrate the document development of Management Policy, Implementation and Operation, Data and Record Control, Training, and Audit.

 File Digital: 1

Shelf
 LP-Teuku Yuri-Usulan Integrasi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Laporan Penelitian
No. Panggil : LP-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
Sumber Pengatalogan LibUI ind rda
Tipe Konten text
Tipe Media computer
Tipe Carrier online resource
Deskripsi Fisik 10 pages : illustration ; 28 cm
Lembaga Pemilik Universitas Indonesia
Lokasi Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
LP-Pdf 09-19-333273805 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20288763
Cover