UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Manipulasi hubungan kepentingan menjadi hubungan sentiment (studi jaringan sosial pada band efek rumah kaca dalam mempertahankan eksistensinya di jaringan indie))

Mochamad Aidin Fikri; Ruddy Agusyanto, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2011)

 Abstrak

Pada umumnya semua grup band jika ingin sukses dan eksis harus masuk ke mainstream. Kesuksesan tersebut merupakan peran dari major label yang membantu band-band yang ingin sukses. Karena banyaknya kendala-kendala yang dihadapi untuk masuk ke major label, maka dari itu tidak semua band bisa masuk ke major label. Oleh karena itu bagi sebuah band yang ingin sukses dan eksis tetapi mereka tidak bisa diterima major label maka mereka umumnya masuk ke dalam jaringan indie.
Jaringan indie mengikuti cara-cara yang dilakukan oleh mainstream. Peran major label sebagai penentu kesuksesan sebuah band harus dimiliki oleh jaringan indie, karena di dalam jaringan indie tidak memiliki pranata sosial yang sejajar dengan major label. Oleh karena itu semua kebutuhan dasar bagi sebuah band yang ingin sukses harus mampu menjalankan fungsi yang dijalankan oleh major label. Untuk itu band indie secara mandiri merekam dan memasarkan lagu-lagu yang mereka ciptakan.
Struktur sosial di major label terbentuk atas hubungan kepentingan. Sementara itu, hal ini tidak bisa diterapkan di jaringan indie, karena membutuhkan biaya besar. Oleh karena itu hubungan sentiment menjadi sangat penting di jaringan indie agar band-band indie bisa tetap eksis. Efek Rumah Kaca merupakan salah satu band yang ada di jaringan indie. Efek Rumah Kaca harus mampu memanipulasi hubungan kepentingan menjadi hubungan sentiment agar bisa sukses di jaringan indie. Dengan memanipulasi hubungan kepentingan menjadi hubungan sentiment, maka kebutuhan band Efek Rumah Kaca bisa terpenuhi dan bisa eksis di jaringan indie.

All of band if want get success and exist they have to in to mainstream. The Success come from major label which is they help bands to get success. because so many problems to join in major label, therefore not all of band can join to major label. so the band who want to success but can?t join to major label, they usually in to indie networks.
Indie networks follow the ways of mainstream do. The major label as a determine of bands to get success must have in indie networks, because in indie networks doesn?t have rules like in major label. so all needs of the bands used fulfilled in indie networks. So indie band must do independent record and distribute their song.
Social structure in major label established based on interest relation. but it doesn?t works in indie networks, because need a lot of finance. because of it, sentiment relationship become important in indie networks for the bands to still exist. Efek Rumah Kaca is a one of band in indie networks. Efek Rumah Kaca must have manipulate interest relationship become sentiment relation to get success in indie networks. With manipulate interest relation become sentiment relation, so needs of Efek Rumah Kaca can fullfilled and can still exist in indie networks.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S1245
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2011
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : xiv, 94 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S1245 14-22-95688658 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20289800
Cover