UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Esterifikasi asam oleat dengan stearil alkohol untuk memproduksi wax ester menggunakan biokatalis = Esterification of oleic acid with stearyl alcohol to produce wax ester using biocatlyst

Muharza; Heri Hermansyah, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011)

 Abstrak

Penelitian ini telah menghasilkan wax ester dengan bahan dasar asam oleat dan stearil alkohol menggunakan biokatalis berupa enzim Candida rugosa lipase (CRL) dan Porcine pancreatic lipase (PPL) untuk menggantikan katalis asam yang tidak ramah lingkungan. Variasi yang dilakukan adalah variasi rasio molar reaktan, persentase enzim, dan waktu reaksi dengan menggunakan metode esterifikasi. Variasi yang ada ini dilakukan untuk mempelajari kinerja enzim CRL dan PPL terhadap produksi wax ester dan memperoleh kondisi optimum dari reaksi.
Dari variasi yang telah dilakukan didapatkan konversi optimum berturut-turut sebesar 58,25 % dan 20,79 % untuk enzim CRL dan PPL dengan jumlah enzim 4 % dan rasio reaktan 1:1 selama 24 jam reaksi. Kinetika reaksi juga dibuat berdasarkan persamaan Michaelis-Menten. Dengan persamaan ini, didapatkan parameter Km dan vmax masing-masing sebesar 3,785 mol/L dan 0,033 s-1 untuk enzim CRL serta 3,139 mol/L dan 0,006 s-1 untuk enzim PPL.

This research has produced wax esters synthesis using oleic acid and long chain alcohol (stearyl alcohol) as substrates and Candida rugosa lipase (CRL) and porcine pancreatic lipase (PPL) as biocatalist was carried out to replace the acid catalyst that is not environmentally friendly. The effects of various reaction parameters such as molar ratio of substrates, amount of enzyme, and reaction time were investigated by using esterification methods to obtain optimum conditions of reaction.
These variations produce optimum conversion of 58,25% and 20,79% for candida rugosa lipase and Porcine pancreatic lipase with 4% the amount of enzyme and molar ratio 1:1 for 24 hours of reaction. Reaction kinetics were also made on the basis using Michaelis-Menten kinetic model. By using this equation, the Km and vmax parameter can be solved with the value of 3,785 mol/L and 0,033 s-1 for Candida rugosa and 3,139 mol/L and 0,006 s-1 for Porcine pancreatic lipase.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S913
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 58 hlm. : ill. ; 30 cm. + Lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S913 14-22-06293044 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20289883
Cover