UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Faktor spesifik penyebab kecelakaan dari berbagai lokasi di kawasan rural Kalimantan dan Sulawesi : studi kasus lintas Pontianak-Singkawang, lintas Martapura - Barabai, lintas Takalar- Bulukumba = The specific factors that causing accidents from various locations in Kalimantan and Sulawesi rural areas : case study Pontianak-Singkawang route, Martapura-Barabae route, Takalar-Bulukumba route

Fauzie Squaib; Tri Tjahjono, supervisor; Nachry, supervisor; Tangkudung, Ellen Sophie Wulan, examiner; Siregar, Martha Leni, examiner; Alvinsyah, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Tujuan dari tesis ini adalah untuk mengetahui faktor geometrik dan lingkungan jalan apa saja yang diduga memiliki pengaruh yang signifikan sebagai penyebab kecelakaan di berbagai lokasi di kawasan rural Kalimantan dan Sulawesi. Studi kasus ini menggunakan kasus jalan raya lintas Pontianak-Singkawang di Kalimantan Barat, lintas Martapura - Barabai di Kalimantan Selatan, dan lintas Takalar-Bulukumba di Sulawesi Selatan. Survey dilakukan di 3 propinsi yang terbagi dalam 22 blackspot (titik rawan kecelakaan). Variabel yang dievaluasi adalah alinyemen jalan, superelevasi, lebar jalan, lebar bahu jalan, lebar zona bebas/clear zone, kondisi permukaan jalan, keberadaan rambu dan marka jalan. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa statistik dengan model multivariat generalized linear model dengan distribusi negatif binomial menggunakan software GLIM4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang paling dominan terhadap terjadinya kecelakaan adalah lebar jalan, clearzone dan keberadaan rambu lalu lintas.
The purpose of this thesis was to determine the geometric and the road environment factors thar suspected of having a significant effect as the cause of accidents at various locations in Kalimantan and Sulawesi rural areas. This case study uses the case of the Pontianak- Singkawang route in West Kalimantan, Martapura-Barabai route in South Kalimantan, and Takalar-Bulukumba route in South Sulawesi. Survey conducted in three provinces that are divided into 22 blackspot. The variables evaluated were the road alignment, superelevation, road width, shoulder width, the width of clear zones, road surface conditions, the presence of road signs and road markings. The analysis techniques that use are statistical analysis with a generalized linear model multivariate model with negative binomial distribution using software GLIM 4. The results showed that the most dominant variables to the occurrence of accidents is the width of the road, clearzone and the presence of traffic signs.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T24712
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 73 pages : illustration; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T24712 15-18-476206683 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20289951
Cover