UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Ruang pada zona publik yang terabaikan dan pengaruhnya terhadap potensi kriminalitas

Mahargarani; Achmad Hery Fuad, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011)

 Abstrak

Kegiatan manusia selalu berada di dalam sebuah ruang. Karena adanya manusia dan kegiatan pada ruang tersebut, ruang tersebut menjadi dapat didefinisikan berdasarkan fungsinya. Namun, ada juga ruang yang tidak terdapat manusia ataupun kegiatan di dalamnya. Ruang tersebut menjadi terabaikan dan tidak ada yang memperhatikan karena tidak ada manusia yang merasa memiliki hubungan terhadap ruang itu. Pada ruang-ruang seperti ini kerap kali terdapat pelanggaran yang terjadi, terutama apabila aksesnya tidak terbatas atau terletak pada zona publik.
Pada penulisan skripsi ini, yang dikaji adalah hubungan antara ruang pada zona publik yang terabaikan dengan pelanggaran-pelanggaran yang terjadi dan potensi selanjutnya yang dimiliki oleh ruang tersebut. Temuan yang didapat dari hasil analisis terhadap ruang pada zona publik yang terabaikan dan pelanggaran-pelanggaran yang terjadi ternyata mengarah kepada kriminalitas. Hal itu disimpulkan berdasarkan studi kasus yang diambil pada sebuah kolong jalan layang yang terabaikan dan di dalamnya terdapat pelanggaran-pelanggaran. Dengan adanya pengabaian terhadap ruang tersebut maka hadir pelanggaran-pelanggaran. Namun ternyata pelanggaran yang diabaikan tersebut ternyata dapat berkembang dan mengarah kepada kriminalitas.

Activities of human being always take place on a space. Because of the people and the activity, a space can be defined base on its function. But, there are also spaces without any people either any activity in it. Those spaces become neglected and no one pays attention to it because nobody feels related to those spaces. On those spaces, there often be some disorder, especially if the spaces have unlimited access and located on public zone.
In this writing, the relation between neglected space on public zone and disorders, and also the next potential of this space, will be analyzed. What I found about the relation between neglected space on public zone and disorders is that these two things evolve to criminality. The conclusion was taken based on the analysis upon a neglected underpass that contains disorders in it. Because of the neglected space, disorders happen there. The next thing that happens is neglected disorders, and this thing could evolve to criminality.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S977
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : viii, 64 pages : illustration ; 30 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S977 14-22-83849180 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20291357
Cover