UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Pedoman rancangan tas sekolah yang ergonomis untuk anak sekolah dasar

Astriana Gita; Boy Nurtjahyo Moch., supervisor; Erlinda Muslim, examiner; Armand Omar Moeis, examiner; Amalia Suzianti, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011)

 Abstrak

Anak sekolah di seluruh dunia membawa barang pribadi serta sekolah mereka di tas sekolah. Penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi yang kuat antara cedera muskuloskeletal dengan penggunaan tas sekolah yang kurang tepat. Anak-anak yang mengalami sakit pada punggung akan membawa tas yang lebih berat jika dibandingkan dengan anak-anak yang tidak mengalami sakit pada punggung. Penelitian ini mencoba untuk mencari ukuran tas sekolah yang tepat yaitu dengan melakukan penyesuaian ukuran panjang dan lebar tas untuk anak sekolah dasar, dalam lingkungan virtual dengan menggunakan software simulasi ergonomi, Jack 6.1. Postur yang terbentuk dari seluruh konfigurasi yang diujikan dinilai dengan menggunakan metode Posture Evaluation Index (PEI). Hasil dari penelitian berupa pedoman rancangan tas sekolah yang ergonomis untuk anak sekolah dasar dengan jumlah beban maksimum yang dapat dibawa oleh anak.

School children throughout the world bring their personal items and school in the school bag. Research shows that there is strong correlation between musculoskeletal disorders with the use of school bags that are less precise. Children who experience pain in the back will carry a heavier bag when compared with children who do not experience pain in his back. This study tries to find the right size of school bags by adjusting the length and width of the bag for elementary school children, in a virtual environment using simulation software ergonomics, Jack 6.1. Postures which are composed by the entire tested configurations are assessed by using Posture Evaluation Index (PEI) method. The result of the research is the guidelines for an ergonomic school bag for children of primary school with a total maximum load that can be carried by children.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S983
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : xvii, 150 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S983 14-22-27684643 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20291474
Cover