UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Persepsi Dan Harapan Anggota Pengurus Organisasi Kepemudaan Terhadap Kemitraan Dan Program Pengembangan Pemuda Di Dinas Pemuda Dan Olah Raga Kabupaten Klaten

Muhammad Amin Asharudin; Mochamad Enoch Markum, supervisor; Amy Yayuk Sri Rahayu, examiner; Johannes Sutoyo, examiner (Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2011)

 Abstrak

Tesis ini membahas tentang persepsi dan harapan anggota pengurus OK terhadap kemitraan dan program kepemudaan yang telah dilakukan oleh DISPORA Kabupaten Klaten. Di mana persepsi mereka terhadap DISPORA sangat mempengaruhi hubungan kedua belah pihak. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan mix method, yakni gabungan antara kuantitatif dan kualitatif. Metode kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrumennya digunakan untuk mengetahui dan menganalisis persepsi, sedang metode kualitatif dengan menggunakan wawancara mendalam dipakai untuk mengetahui dan menganalisa harapan.
Hasil analisis penelitian ini menunjukan bahwa terdapat persepsi yang buruk dari anggota pengurus OK terhadap kemitraan DISPORA, berdasarkan hasil uji mean yang dilakukan, diperoleh nilai sebesar 1.898, nilai ini berada dalam rentang 1.76 s/d 2.25 yang berarti rendah. Dan persepsi sangat buruk ditujukan pada program kepemudaan DISPORA, berdasarkan hasil uji mean yang dilakukan, diperoleh nilai sebesar sebesar 1,627. Berdasarkan klasifikasi dengan 5 kategori maka nilai mean ini berada dalam rentang antara 1,76 s/d 2,25 yang berarti nilai tersebut berada dalam kategori sangat rendah.
Sedangkan harapan dari anggota pengurus OK dalam kaitannya dengan kemitraan adalah adanya komunikasi yang selalu dijaga oleh pihak DISPORA kepada semua unsur pemuda yang ada. Baik secara langsung, maupun tidak langsung melalui media misalnya. Pada program kepemudaan, keberlanjutan program merupakan hal penting yang disoroti oleh para responden, karena selama ini hal itu sangat kurang diperhatikan oleh DISPORA.

This thesis discusses the perceptions and expectations of board members of Youth Organizations of the partnership and youth programs that have been conducted by the Department of Youth & Sports (DISPORA) in Klaten regency. Where are their perceptions of DISPORA greatly affect the relations between them. The method used in this study using mixed methods, namely a combination of quantitative and qualitative. Quantitative methods with questionnaires as the instrument used to determine and analyze the perceptions, while qualitative methods using depth interviews used to identify and analyze the expectations.
The results of the analysis of these studies show that there is a perception that bad of a board member of the partnership by DISPORA, based on the mean test results carried out, obtained a value of 1.898, this value is in the range 1.76 - 2.25, which means low. And very bad perception of youth programs aimed at DISPORA, based on the mean test results carried out, obtained a value of of 1.627. Based on the classification of the five categories the mean value is under 1.75, which means scores fall in the category of very low.
While the expectations of board members of Youth Organizations in relation to partnerships is the existence of communication is always maintained by the DISPORA to all elements of the existing youth. Either directly, or indirectly through the media for example. In the youth program, program sustainability is an important thing highlighted by the respondents, because so far it is so overlooked by DISPORA.

 File Digital: 1

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T29664
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2011
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 114 pages : illustration ; 29 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T29664 15-17-916566497 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20292426
Cover