Skripsi ini membahas tentang sebuah konsep generic pariwisata bahari berbasis pendidikan sebagai satu bentuk upaya pembangunan karakter bahari generasi muda Indonesia yang bernama Floating Education Craft. Perancangan konsep ini dilakukan dengan studi pustaka, pengamatan langsung, wawancara dan penyebaran kuisioner. Hasil dari pengolahan data adalah berupa konsep pemikiran generic serta contoh rancangan visual sebagai dasar acuan realisasi Floating Education Craft di kemudian hari. Dengan konsep yang mendidik dan menarik, serta produk yang aman, nyaman, dan terjangkau oleh masyarakat, penulis berkesimpulan bahwa konsep Floating Education Craft pantas untuk mendapat prioritas untuk dikembangkan dan direalisasikan.
The Focus of this study is on generic concept of maritime edutourism as an effort to develop maritime character for Indonesia‟s young generation. The concept design is gathered from some literature study, direct observation, interviews and questionairre. The results of the data gathered are used as generic concept and references for realization of the Floating Education Craft. With the interesting and educational concept, accompanied with safety, ergonomic, and economic product, the writer concluded that this Floating Education Craft concept is surely appropriate for getting priority to be developed and realized.