UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Struktur organisasi perpustakaan sekolah: suatu studi kasus di Singapore International School Pantai Indah Kapuk = School library organizational structure: a case study at Singapore International School Pantai Indah Kapuk

Tigor Zorro; Ike Iswary Lawanda, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Skripsi ini membahas mengenai struktur organisasi perpustakaan sekolah di Singapore International School Pantai Indah Kapuk. Perpustakaan tidak memiliki struktur organisasi mikro dan tidak ada dalam struktur makro organisasi induk (sekolah) walau fungsi perpustakaan dapat dilihat jelas berjalan sesuai dengan dan memenuhi kebutuhan pengguna. Perpustakaan tersebut dikelola oleh 2 (dua) orang staf yang melakukan pengolahan koleksi dan layanan sirkulasi terhadap kebutuhan 713 siswa dan 20 orang lebih guru dan staf. Fungsi perpustakaan dan petugas perpustakaan dalam kondisi tidak menentu dalam usaha rnengembangkan unit kerja tersebut karena tidak memiliki kewenangan apapun atau status apapun. Penelitian dengan desain deskriptif menggunakan metode studi kasus untuk mendapatkan pemahaman yang diinginkan melalui intepretasi terhadap kasus struktur organisasi.
Hasil penelitian adalah idealnya perpustakaan memiliki kepala perpustakaan, tetapi kenyataannya adalah fungsi kepala perpustakaan dijalankan oleh pejabat yang berada diluar unit perpustakaan. Kesimpulannya adalah perpustakaan Singapore International School Pantai Indah Kapuk jauh dari ideal struktur organisasi perpustakaan, baik dalam kerangka organisasi induk maupun internal perpustakaan. Penelitian ini menyarankan perlu adanya penelitian lanjutan untr:k mendalami pertimbangan-pertimbangan kebijakan atas keberadaan perpustakaan secara struktural dan ketiadaan kepala perpustakaan sebagai penanggung jawab perpustakaan untuk memperjuangkan kejelasan posisi strukturalnya.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S1914
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 48 hlm. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S1914 14-22-42410530 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20296638
Cover