Suhu ruangan dan intensitas pencahayaan merupakan beberapa faktor lingkungan kerja fisik yang berpengaruh terhadap performa kerja dan beban mental manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suhu ruangan dan intensitas pencahayaan terhadap performa kognitif, (kecepatan respon dan konsentrasi), serta beban mental (tingkat stress) siswa sekolah dasar. Metode desain eksperimen faktorial digunakan dalam penelitian ini, dimana setiap faktor memiliki tiga level yang diujikan yaitu 21°C, 25°C,dan 29°C untuk suhu ruangan dan 50 lux, 150 lux, dan 300 lux untuk intensitas pencahayaan. Penelitian ini menghasilkan bahwa suhu ruangan dan intensitas pencahayaan berpengaruh signifikan terhadap performa kognitif dan tingkat stress pada siswa sekolah dasar.
Room temperature and light intensity are some of the physical work environment factors that affect work performance and human work load. This study aims to determine the effect of room temperature and light intensity on cognitive performance, (speed of response and concentration), and mental load, (the stress levels) of elementary school students. Factorial experimental design method used in this study, in which each factor has three levels to be tested, specifically 21°C, 25°C, and 29°C to room temperature and 50 lux, 150 lux and 300 lux for the light intensity. This study resulted that room temperature and light intensity are significantly affect on cognitive performance and stress levels in elementary school students.