ABSTRAKMendorong individu perorangan agar dapat berfungsi
optimal, merupakan salah satu fungsi pekerjaan sosial
Hal mi pula yang menjadi salah satu landasan berpikir
untuk memberikan layanan pendidikan bagi penyandang cacat
grahita Pada tingkat yang paling dasar memberi pendidikan
kepada penyandang cacat grahita akan mempengaruhi
tingkat kesiapannya dalam melaksanakan fungsi sosialnya
Penelitian mengenai pendidikan melalui sistim
integrasi bagi anak cacat grahita mi telah dilakukar di
SLB Sinar Kasih - Jakarta Tujuan penelitian mi ialah
untuk mengetahui dan menggambarkan bagaimana sistim mi
dilaksanakan serta pengaruhnya terhadap tingkat kemandirian
Tingkat kemandirian pada golongan mi sangat terbatas,
oleh karenanya harus dioptimalkan dan diajarkan
secara knusus
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan dengan sistim integrasi yang dilakukan dengan menggabungkan
anak cacat grahita dan anak normal pada kesempatan
tertentu telah mempengaruhi tingkat kemandirian anak, pada tingkat sedang Hal mi dapat diakibatkan karena di
dalam sistim integrasi anak didik dimungkinkan untuk
berinteraksi.