Tesis ini menguji bagaimana jenis kelamin mempengaruhi perbedaan sikap lingkungan, kepedulian lingkungan, persepsi mengenai keseriusan masalah lingkungan, persepsi mengenai tanggung jawab pada lingkungan, pengaruh teman sesama, identitas diri dalam perlindungan lingkungan, dan perilaku pembelian produk ramah lingkungan di Jakarta khususnya mahasiswa Universitas Indonesia. Berdasarkan data 195 konsumen dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan ratarata antara konsumen laki-laki dan perempuan pada semua variabel yang diteliti, di mana secara umum konsumen perempuan menunjukkan adanya pemikiran, emosi, dan perilaku yang lebih besar terkait dengan perlindungan lingkungan, namun dalam hal pengaruh teman sesama ditemukan nilai yang lebih tinggi pada konsumen laki-laki.
This thesis examined how gender differs in environmental attitude, environmental concern, perceived seriousness of environmental problems, perceived environmental responsibility, peer influence, self-identity in environmental protection and green purchasing behavior in Jakarta consumers especially students of University of Indonesia. From the data of 195 consumers confirmed that there are gender differences in all examined variables and we can conclude that in general, female consumers showed a more readily-favorable cognition, emotion, and behavior in environmental protection than in male consumers, yet in terms of peer influence showed that male consumers have higher means than in female consumers.