UI - Tesis (Membership) :: Kembali

UI - Tesis (Membership) :: Kembali

Masalah komunikasi dalam pemeriksaan psikologis

Tobing, Farida Haryoko; Lembana Jogapranata Soemitro, supervisor ([Publisher not identified] , 2001)

 Abstrak

Dalam pekerjaan kita sebagai psikolog yang melaksanakan pemeriksaan psikologis bagi perusahaan untuk keperluan seleksi maupun evaluasi atau identifikasi potensi karyawan, tolok ukur keberhasilannya adalah bila hasil pemeriksaan yang kita lakukan diterima dengan baik, karena dapat menjawab kebutuhan perusahaan. Namun tidak selamanya kita dapat berhasil mencapainya. Adakalanya karyawan / pejabat / partisipan menolak hasil evaluasi kita karena ia tidak dapat dipromosikan sehingga ia merasa "dunianya sudah kiamat", sehingga akibatnya motivasi kerjanya menurun, dan ia kehilangan loyalitas pada perusahaan.
Sebagai profesi psikolog, jelas bahwa tuntutan terhadap keterampilan komunikasi sangat besar. Pekerjaan psikolog sangat mengandalkan kemampuan komunikasi. Psikolog sebagai pemberi jasa dan pihak perusahaan sebagai penerima jasa, masing-masing mempunyai latar belakang pendidikan, keluarga, sosial ekonomi bahkan budaya yang berbeda-beda, yang mana hal-hal tersebut sangat mempengaruhi persepsi seseorang. Padahal persamaan persepsi, persamaan anti merupakan titik tolak dimana kira berangkat untuk memecahkan permasalahan. Oleh karena itu bagaimana klta dapat menangkap aspirasi, kebutuhan dan harapan pihak perusahaan di satu sisi dan dari pihak karyawan I partisipan di lain sisi, sebenamya merupakan masalah komunikasi. Kesalahan dalam menterjemahkan hal-hal tersebut merupakan permasalahan komunikasi yang kurang efektif.
Bahasan ini bertujuan untuk menganalisa kemungkinan komunikasi yang kurang efektif antara psikolog sebagai pemberi jasa dan pihak perusahaan sebagai penerima jasa, Serta memberikan usulan pemecahan masalahnya.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Farida Haryoko Tobing.pdf ::

Catatan : Menu Anggota

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2001
Program Studi :
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : iv, 69 pages : illustration ; 28 cm. + appendix
Catatan Bibliografi : Pages 69
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-19-261380861 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20300292