UI - Tesis (Membership) :: Kembali

UI - Tesis (Membership) :: Kembali

Rancangan program pengelolaan resistensi terhadap perubahan pola kerja organisasi dalam implementasi "Human Resources Business Partnership (HRBP)"

(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi- dengan jumlah total
karyawan saat ini sekitar 1300 karyawan yang menyebar hampir di seluruh wilayah
Indonesia- ingin melakukan transformasi organisasi yang berkaitan dengan cara
mengelola dan mengembangkan human capital untuk mencapai tujuan akhir yang
diinginkan, yaitu individu yang kompeten (individual competency) dan organisasi
yang mumpuni (organizational capability). Sebagaimana kita ketahui bahwa dalam
sebuah organisasi ada keterkaitan yang erat antar satu unit dengan unit atau bagian
yang lain maupun antar individu dan kelompok-kelompok dalam organisasi, yang
seeara bersamaan akan mempengaruhi organisasi secara keselumhan sebagai suatu
sistem yang terbuka yang terus menerus berkembang, beradaptasi dan menyesuaikan
dengan kebutuhan luar organisasi untuk mencapai performa bisnis perusahaan
Berkaitan dengan hal ini, Manajer Human Resources melakukan wawancara dengan
jajaran manajemen puncak (sejumlah General Manager dan Direktur) mengenai
peran Unit Human Resources dalam pandangan mereka sebagai pengguna jasa
human resources.
Solusi inovatif yang diajukan sebagai jawaban terhadap adanya kesenjangan ini
adalah dengan “mengubah pola kerja antara Unit Human Resources dengan Unit
Business menjadi pola kerja kemitraan (partnership), yang disebut sebagai
Human Resources Business Partnership (HRBP).
HRBP merupakan konsep yang muneul sekitar tahun 1997, diformulasikan oleh
Dave Ulrich dari Harvard Business School, yang mendudukkan Human Resources
Unit sebagai Business Partner (mitra) bagi Unit Business yang lain, berdasarkan 4
peran penting dari Human Resources; pertama sebagai Mitra Strategis (Strategic
Partner), kedua sebagai Pakar Administratif (Administratif Expert), ketiga sebagai
Pendukung Karyawan (Employee Champion), dan keempat sebagai Agen Perubahan
(Change Agent). Agar dapat berperan sebagai mitra bagi Unit Business, maka Unit
Human Resources perlu mengembangkan keempat peran tersebut.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Ratna Maya Ayu Soeharto.pdf ::

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002
Program Studi :
Sumber Pengatalogan : none
Tipe Konten : none
Tipe Media : none
Tipe Carrier : none
Deskripsi Fisik : vi, 53 hlm. + Lamp.
Catatan Bibliografi : Hlm. 49-53
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20300850