UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Relasi makna pada kata kunci artikel ilmiah bidang bahasa: studi kasus pangkalan data PDII-LIPI = Sense relation of language scientific article keywords: case study PDII-LIPI database

Retno Asihanti Setiorini; Felicia Nuradi, supervisor; F.X. Rahyono, examiner; Setiawati Darmojuwono, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Tesis ini membahas relasi makna yang terbangun dalam kata kunci (berupa kosakata terkontrol) artikel ilmiah bidang bahasa di pangkalan data PDII-LIPI. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah menggambarkan bagan relasi makna yang terbentuk pada kata kunci artikel ilmiah bidang bahasa di pangkalan data PDII-LIPI. Bagan relasi makna tersebut nantinya dapat diterapkan untuk pengembangan sistem temu-kembali di PDII-LIPI. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan strategi studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari pangkalan data artikel ilmiah PDII-LIPI.
Hasil penelitian ini berupa bagan relasi makna kata kunci artikel ilmiah PDII-LIPI. Bagan tersebut memuat semua kata kunci dari 44 artikel ilmiah bidang bahasa yang menjadi data dalam penelitian ini. Penelitian ini dapat dijadikan prototipe untuk pengembangan penelitian sejenis dengan menggunakan data bidang lain, tidak terpaku pada data bidang bahasa.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T30512
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xix, 138 pages : illustration ; 30 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T30512 15-19-340604542 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20301131
Cover