ABSTRAKTesis ini membahas pemaknaan mahasiswa Fakultas Kehutanan IPB terhadap
Iklan Layanan Masyarakat yang mengangkat isu lingkungan hidup dengan tema
kehutanan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif.
Melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengetahuan dan pengalaman
yang dimiliki masing-masing audiens merupakan faktor yang paling berpengaruh
dalam proses memaknai sebuah teks tanpa mereka sadari. Hasil penelitian
menyarankan bahwa untuk dapat melihat pemaknaan khayalak dapat juga lebih
meneliti dari sisi encoding, seperti bagaimana faktor internal ekonomi dan politik
produsen ILM tersebut. Mengenai pemaknaan terhadap teks dapat dilakukan juga
penelitian dengan menggunakan Forum Group Discussion (FGD) sebagai metode
pengumpulan data untuk melihat bagaimana individu dapat memaknai teks dalam
setting kelompok.
ABSTRACTThis thesis discusses the meaning of Public Service Advertising that concern
about the issue of environmental forestry by student of Forestry Faculty. The
study was a descriptive qualitative research design. This study concluded that the
knowledge and experience of each audience are the most influential factor in the
process to interpret a text. The results suggest that in order to be able to see the
meaning of audience may also further examine in terms of encoding, such as how
the internal economic and political factors of these PSA manufacturers. About the
meaning of the text, researcher suggest that Forum Group Discussion (FGD) can
be use in other way as a method of collecting data to see how individuals interpret
the text in a group setting.