ABSTRAKPertumbuhan pendapatan interkoneksi suara pada industri telekomunikasi di
Indonesia mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir. Dengan kondisi
yang dihadapi saat ini, maka isu utama dari penelitian ini adalah bagaimana
menjaga tingkat pertumbuhan yang wajar pada pendapatan interkoneksi suara agar
operator dapat menghimpun capital expenditure (CAPEX) bagi perluasan,
pemerataan infrastuktur, peningkatan kualitas layanan serta melakukan upaya
peningkatan nilai atas jaringan yang ada melalui kebijakan kenaikan tarif atau
memberi fleksibilitas untuk menaikkan tarif sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk
menguji apakah kenaikan tarif interkoneksi dapat mendorong pertumbuhan
interkoneksi suara operator secara signifikan atau tidak. Penelitian ini
menggunakan metode eksplorasi dengan data yang dihasilkan simulasi
menggunakan pendekatan sistem dinamik untuk melakukan uji hipotesis dengan
uji beda rata-rata. Kesimpulan yang diperoleh adalah kenaikan tarif hanya efektif
untuk jangka pendek. Sedangkan untuk jangka panjang, kenaikan trafik lebih
efektif untuk meningkatkan pertumbuhan pendapatan.
ABSTRACTVoice interconnection revenue growth in the telecommunications industry in
Indonesia has decreased in recent years. With the conditions encountered at this
time, the main issue of this research is how to maintain a reasonable level of
growth in voice interconnection revenue for the operator to collect capital
expenditure (CAPEX) for the expansion, distribution infrastructure, improve
service quality and make efforts to increase the value of the network there through
rate increases or policy gives the flexibility to raise its own rate. This study aimed
to test whether the increase in interconnection tariffs may encourage the growth of
voice interconnection operator is significantly or not. This study uses explratory
method where data generated by simulation of dynamic systems approach to
hypothesis testing with different test average. Their conclusion is the rate increase
is effective only for short periods. As for the long term, the increase in traffic is
more effective to increase revenue growth.