Dewasa ini bisnis kaset di Indonesia sedang berkembang dengan pesatnya Banyak pengusaha dan artis yang terjun ke dalam bisnis yang penuh tantangan mi Di samping itu pemerintah juga turut berperan serta di dalam pembuatan dan pelaksanaan perundang-undangannya untuk mengatur hal-hal yang menyangkut hak cipta, pembajakan kaset maupun bisnis kaset itu sendiri Di samping itu peranan para konsumen yang se~akm kritis dalam pembelian juga sangat mendorong para produsen aan artis untuk menciptakan suatu produk yang berkualitas Semua ini merupakan suatu sistim yang saling berkait dan saling mempengaruhi di dalam dunia kegiatan kaset.
Sehubungan dengan hal tersebut di atas, penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai proses pembelian kaset di lima Wilayah DKI Untuk memperoleh data yang diperlukan dilakukan penelitian melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan Usaha pengumpulan data dititik beratkan pada hal-hal yang berkaitan dengan perilaku konsumen di dalam membeli suatu kaset Responden terdiri dari para remaja di Jakarta.
Dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa konsumen remaja di Jakarta lebih menggemari kaset rekaman lagu Barat dibanding kaset rekaman lagu Indonesia Mereka mempunyai referensi yang cukup mengenai standar kuali tas kaset, sehingga mereka dapat menentukan pilihan menurut selera masing-masing di dalam pembelian kaset
Untuk mengimbangi peredaran kaset rekaman lagu Barat di Jakarta, maka pemerintah, produsen,distributor, artis/musisi dan operator harus mengadakan beberapa renovasi di dalam bidangnya masing-masing.