UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Penilaian risiko keselamatan kerja pada proses pemasangan ring kolom dan pemasangan bekisting di ketinggian pada pembangunan gedung XY oleh PT. X tahun 2011 = Risk assessment for safety in process of setting up the ring column and setting up bekisting in high place on XY building construction by PT. X in 2011

Winda Utamy Septianingrum; Hendra, supervisor (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

PT. X merupakan salah satu Perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi. 32 % kecelakaan kerja yang ada di Indonesia terjadi di sektor konstruksi. Pekerjaan diketinggian merupakan salah satu pekerjaan yang memiliki risiko kecelakaan yang besar. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan pada proses pemasangan ring kolom dan bekisting yang dilakukan diketinggian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat risiko keselamatan kerja pada proses pemasangan ring kolom dan pemasangan bekisting di ketinggian dengan mengacu pada metode analisis risiko semikuantitatif AS/NZS 4360:2004. Desain penelitian yang dilakukan adalah observasional dengan pendekatan cross-sectional. Pengumpulan data didapatkan dari hasil observasi dan wawancara.
Dari hasil penelitian diketahui risiko keselamatan kerja tertinggi pada proses pemasangan ring kolom dan bekisting adalah terjatuh. Sedangkan risiko yang lain antara lain tergores, terpeleset, terbentur, kejatuhan material. Pengendalian yang telah dilakukan antara lain, penyediaan APD, dan penyediaan platform khusus.

PT.X is one of the companies which operate in the construction sector. 32% of work accidents in Indonesia occurred in the construction sector. Work at a high place is one of the works that has a great risk of accidents. Therefore, this research is done on the process of setting up the ring column and bekisting in the high place.
This research purpose to know the level of safety risk in the process of setting up the ring column and bekisting that refers to semi quantitative AS/NZS 4360:2004 of the risk analysis method. The design of research was observational that approach with cross-sectional. The data accumulation obtained from observation research and interviews.
From the result of research, we know that the high risks of safety in process of setting up the ring column and bekisting in high place is fallen. Whereas the other risk was scratch, slip, collide, and fall by the material. The existing control that have done is giving personal protective equipment and giving special platform.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2012
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvi, 95 hlm. : il. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-22-93070829 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20303481
Cover