ABSTRAKKepatuhan pasien diabetes melitus tipe 2 dalam meminum antidiabetes oral masih
sangat rendah. Hal ini dapat meningkatkan risiko komplikasi pasien. Untuk
meningkatkan kepatuhan pasien dapat diberikan pendidikan kesehatan berupa
ceramah dan pemberian materi ceramah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengevaluasi adanya pengaruh ceramah dan pemberian materi ceramah terhadap
tingkat kepatuhan pasien dan hubungan antara faktor sosiodemografi serta
penggunaan antidiabetes oral terhadap kepatuhan. Penelitian ini dilakukan secara
pra eksperimental dengan rancangan pretest-posttest two group. Seluruh pasien
diabetes melitus di puskesmas Beji adalah sampel penelitian yang dibagi dalam
dua kelompok. Kelompok pertama (30 orang) diberi ceramah dan materi ceramah,
kelompok kedua (30 orang) hanya diberi materi ceramah saja. Ceramah tentang
kepatuhan diberikan oleh Apoteker. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kepatuhan pasien setelah diberi ceramah dan materi ceramah meningkat pada
kedua kelompok. Hasil uji Wilcoxon Signed Rank menunjukkan bahwa ceramah
dan materi ceramah meningkatkan kepatuhan pasien dalam meminum obat. Hasil
uji kai kuadrat menunjukkan bahwa faktor sosiodemografi dan penggunaan obat
tidak memiliki pengaruh yang nyata terhadap kepatuhan. Hasil uji Mann Whitney
U menunjukkan bahwa pemberian ceramah (1,23±0,92) lebih baik dibandingkan
pemberian materi ceramah(1,07±1,04) terhadap peningkatan kepatuhan.
Kesimpulan yang diperoleh adalah ceramah dapat meningkatkan kepatuhan pasien
lebih baik dari materi ceramah.
ABSTRACTPatient with diabetes type 2 compliance in taking oral antidiabetes still very low.This can increase the risk of patients complications. To be able to increasecompliance level of the patiences, health education in form of lecture and lecturematerial is ways to go. The purpose of this study was to evaluate the influence oflecture and lecture material to increased patient compliance and the relationshipbetween sociodemographic factors and the use of oral antidiabetic towards patientcompliance. The research was done with pre-experimental pretest-posttest designof two groups. All patients with diabetes mellitus in Beji health public center wassample of research that divided into two groups. The first group (30 people) weregiven lecture and lecture material, the second group (30 people) were given alecture course material. Lecture on compliance given by a pharmacist. The resultsshow that patient compliance after being given lecture and lecture materialincreased in both groups. Wilcoxon Signed Rank test results show that the lectureand lecture material increased patient compliance in taking medication. Kaisquared test results show that sociodemographic factors and drug use had nosignificant effect on adherence. . Mann Whitney U test results show that giving alecture (1.23 ± 0.92) is better than giving a lecture materials (1.07 ± 1.04) toincreased patients compliance. The conclusion is lecture can improve patientscompliance better than lecture material.